Jakarta (ANTARA) - Kepala Bidang Pelatih Pengurus Pusat Persatuan Panahan Indonesia (PP Perpani) Denny Decko mengatakan tengah merancang program agar para pelatih Indonesia bersertifikasi internasional dengan mengikuti pelatihan yang diadakan Panahan Dunia.

Dengan peningkatan kualitas pelatih, kata Denny, turut berpengaruh pada kualitas atlet panahan Indonesia sehingga bisa mengharumkan nama bangsa dan negara di pentas internasional.

"Kami selalu butuh atlet-atlet muda yang berbakat dan juga berprestasi. Hal ini harus dimulai dari pelatih yang mempunyai pengetahuan, pengalaman, dan jam terbang yang memenuhi standar nasional dan internasional," kata Denny seperti dilansir laman resmi PP Perpani, Selasa.

Perpani terus berupaya membuat panahan Indonesia lebih baik. Langkah konkret terbaru adalah dengan mengadakan pelatihan pelatih nasional yang diikuti 34 peserta dari berbagai daerah di Tanah Air.

Pelatihan yang berlangsung di Hotel Belleza, Jakarta, 19-25 Juni mendapat dukungan penuh dari Kementerian Pemuda dan Olahraga (Kemenpora).

Denny mengungkapkan pelatihan pelatih tersebut bertujuan untuk meningkatkan kompetensi pelatih panahan Indonesia.

Baca juga: Pemanah Indonesia butuh lebih banyak bersaing di ajang internasional

Selain narasumber dari para pakar panahan dan dunia olahraga di Tanah Air, pelatihan tersebut juga menghadirkan Im Dong Hyun, salah satu legenda panahan Korea Selatan, yang saat ini berkecimpung di dunia kepelatihan.

Para mentor dan narasumber dari Tanah Air pada pelatihan tersebut, antara lain Wahyu Hidayat dari Kemenpora RI, Kuswahyudi dari PP Perpani, serta Iwan Hermawa dan James Tangkudung dari Univeritas Negeri Jakarta (UNJ).

Peserta mendapat berbagai materi pelatihan seperti metodologi latihan lanjutan, fisiologi olahraga, pertolongan pertama cedera olahraga, teori compound advance, teori recurve advance, physical training for recurve, dan specific physical training for recurve.

Para pelatih tersebut juga melakoni praktik langsung sejumlah teori yang diperoleh, seperti praktik dan setting compound advance dan praktik dan setting recurve advance.

"Mereka akan menjalani sejumlah test dan evaluasi sebelum mendapat sertifikat nasional sebagai pelatih panahan nasional. Dengan pelatihan dan pembekalan ini, kami berharap mereka mampu mencetak atlet-atlet panahan berkualitas di seluruh penjuru Tanah Air,” kata Denny.

Baca juga: Wajah baru hiasi skuad pelatnas panahan untuk Asian Games 2023

Pewarta: Muhammad Ramdan
Editor: Teguh Handoko
Copyright © ANTARA 2023