Singapura (ANTARA) - Harga minyak sedikit lebih tinggi di awal perdagangan Asia pada Rabu pagi, karena pasar khawatir tentang keterbatasan pasokan di AS, konsumen minyak terbesar dunia, setelah data menunjukkan penarikan minyak mentah dan bensin yang lebih besar dari perkiraan.

Minyak mentah berjangka Brent terangkat 32 sen atau 0,4 persen, menjadi diperdagangkan di 72,58 dolar AS per barel pada pukul 00.02 GMT. Minyak mentah berjangka West Texas Intermediate (WTI) naik 23 sen atau 0,3 persen, menjadi diperdagangkan di 67,94 dolar AS per barel.

Kedua kontrak tersebut telah turun sekitar 2,5 persen di sesi sebelumnya karena adanya sinyal bahwa bank-bank sentral utama mungkin belum selesai dengan kenaikan suku bunga.

Stok minyak mentah turun sekitar 2,4 juta barel dalam pekan yang berakhir 23 Juni, menurut sumber pasar, mengutip data dari kelompok industri American Petroleum Institute (API). Para analis memperkirakan hasil imbang 1,76 juta barel.

Persediaan bensin turun sekitar 2,9 juta barel, dibandingkan dengan perkiraan penarikan 126.000 barel.

Itu terjadi setelah bentrokan antara Moskow dan kelompok tentara bayaran Rusia Wagner menyebabkan kekhawatiran tentang kemungkinan gangguan pasokan minyak dan karena pasar menunggu penurunan produksi minyak yang dijanjikan Arab Saudi mulai Juli.

Di sisi permintaan, Presiden Bank Sentral Eropa Christine Lagarde mengatakan pada Selasa (27/6/2023) bahwa inflasi yang sangat tinggi akan mengharuskan bank untuk menghindari mengumumkan penghentian kenaikan suku bunga. Suku bunga yang lebih tinggi dapat membebani aktivitas ekonomi dan permintaan minyak.

Kenaikan kepercayaan konsumen AS pada Juni juga mengkhawatirkan pasar bahwa Federal Reserve kemungkinan harus terus menaikkan suku bunga.

Pasar juga menunggu data yang akan dirilis Rabu tentang keuntungan industri China untuk mengukur kekuatan ekonomi terbesar kedua di dunia itu.


Baca juga: Rubel stabil setelah pemberontakan dibatalkan picu volatilitas liar
Baca juga: Harga minyak turun di tengah komentar "hawkish" dari presiden ECB
Baca juga: Minyak naik di Asia dipicu kekhawatiran pasokan, harapan permintaan AS

Penerjemah: Apep Suhendar
Editor: Faisal Yunianto
Copyright © ANTARA 2023