Jakarta (ANTARA) - Perusahaan pencahayaan Signify, yang memiliki produk Philips, mengungkapkan pihaknya berkomitmen untuk berkontribusi dalam menjawab tantangan perubahan iklim melalui inisiatif "green switch" yang diluncurkan pada Selasa (27/6).

Menurut perusahaan, inisiatif tersebut bertujuan untuk mendukung upaya nasional dalam mewujudkan tujuan pembangunan berkelanjutan (SDGs) melalui pemenuhan target netral karbon pada 2060.

"Di Signify, inovasi dan keberlanjutan merupakan pilar utama dari strategi bisnis kami. Inisiatif 'green switch' menjadi wujud nyata upaya kami untuk membantu kota, bisnis, dan individu memenuhi komitmen aksi iklim mereka tanpa menunda, sejalan dengan target Indonesia untuk mencapai Sustainable Development Goals (SDGs)," kata Country Leader Signify Indonesia Dedy Bagus Pramono dalam siaran pers di Jakarta, Rabu.

Baca juga: Signify Indonesia perkenalkan lampu meja UV-C penonaktif COVID-19

Perusahaan mengatakan pihaknya bersinergi dengan pemerintah dan pemangku kepentingan lainnya untuk mengurangi emisi gas rumah kaca, salah satunya dengan cara beralih dari penggunaan lampu konvensional ke lampu berteknologi LED dan terkoneksi.

Penggunaan lampu berteknologi LED dan terkoneksi, baik di dalam maupun luar ruangan, dinilai menjadi langkah awal yang dapat segera dilakukan tanpa menimbulkan banyak gangguan terhadap aktivitas operasional sehari-hari.

"'Green switch' menawarkan salah satu jalur paling cepat dan mudah menuju masa depan yang lebih hijau dan lebih cerdas, dengan menghemat konsumsi energi terkait pencahayaan hingga 80 persen menggunakan lampu LED terkoneksi," kata Dedy.

Adapun inisiatif "green switch" terdiri dari enam pilar utama antara lain renovation wave, circular economy, clean energy, clean mobility, biodiversity, serta digitalization. Menurut perusahaan, renovation wave menjadi fokus utama untuk mendorong perluasan konversi lampu konvensional ke lampu LED.

Dia mengatakan inisiatif tersebut akan menjembatani dukungan Signify kepada pemerintah dan swasta, terutama untuk pembangunan kota-kota berkelanjutan mulai dari pembangunan infrastruktur digital, renovasi berkelanjutan, hingga implementasi kota pintar.

Baca juga: Philips kenalkan lampu pintar terkoneksi

Baca juga: Menikmati keindahan cahaya baru Masjid Istiqlal

Baca juga: Signify Indonesia punya Country Leader baru

Pewarta: Rizka Khaerunnisa
Editor: Maria Rosari Dwi Putri
Copyright © ANTARA 2023