Program pembagian seragam gratis ini diberikan khusus untuk pelajar kelas I SD dan kelas VII SMP baik negeri maupun swasta, saat ini anggarannya sudah kita siapkan Rp1,6 miliar
Rejang Lebong, Bengkulu (ANTARA) - Pemerintah Kabupaten (Pemkab) Rejang Lebong, Provinsi Bengkulu tengah mempersiapkan pembagian seragam sekolah gratis untuk anak sekolah tingkat SD dan SMP di daerah itu.

Kepala Dinas Pendidikan dan Kebudayaan Kabupaten Rejang Lebong, Rezza Pakhlevie saat dihubungi di Rejang Lebong, Rabu, mengatakan pembagian seragam sekolah gratis tersebut merupakan program unggulan daerah itu sesuai dengan visi misi Bupati dan Wakil Bupati Rejang Lebong dalam kampanye Pilkada 2020.

"Program pembagian seragam gratis ini diberikan khusus untuk pelajar kelas I SD dan kelas VII SMP baik negeri maupun swasta, saat ini anggarannya sudah kita siapkan Rp1,6 miliar," kata dia.

Dia menjelaskan, pembagian seragam sekolah gratis ini akan diberikan kepada pelajar yang baru masuk sekolah baik SD maupun SMP sehingga nantinya bisa mengurangi beban pengeluaran orang tua untuk membeli seragam sekolah anak-anak mereka.

Ia mengatakan, seragam gratis yang disiapkan ini ialah putih-merah untuk pelajar SD dan tingkat SMP seragam putih-biru.

Sementara itu, untuk berapa banyak seragam yang akan diadakan, kata dia, saat ini masih menunggu data dari masing-masing sekolah, baik jumlah maupun ukuran baju anak yang bersangkutan.

Pengukuran baju atau seragam ini, menurut dia, diperkirakan baru selesai setelah proses penerimaan peserta didik baru (PPDB) baik tingkat SD maupun SMP, di mana pengukurannya dilakukan oleh pihak sekolah.

Dia berharap, seluruh sekolah di bawah naungan dinas pendidikan dan kebudayaan (dikbud) setempat dapat segera menyerahkan data dan ukuran baju pelajar yang akan menerimanya sehingga nantinya akan memudahkan proses pengadaannya.

Pada tahun 2022 lalu Dikbud Rejang Lebong membagikan bantuan seragam sekolah gratis untuk pelajar kelas I SD dan kelas VII SMP di daerah itu dengan jumlah mencapai 8.584 orang.

Baca juga: 5.870 pelajar Mukomuko terima seragam sekolah gratis
Baca juga: Dinas Pendidikan kembangkan batik khas OKU
Baca juga: Batam bagikan 12.467 pasang seragam SD gratis

Pewarta: Nur Muhamad
Editor: Sambas
Copyright © ANTARA 2023