Medan (ANTARA) - Ribuan Muslim Deli Serdang, Sumatera Utara, mengikuti kegiatan festival pawai takbir akbar menyambut Hari Raya Idul Adha 1444 Hijriah/2023 Masehi.

"Ada 26 kafilah dari Kecamatan Hamparan Perak yang mengikuti acara pawai takbir dengan mobil hias di Lapangan Klambir Lima Kebun, Deli Serdang pada idul Adha ini," ujar wakil Bupati Deli Serdang Muhammad Ali Yusuf Siregar di Deli Serdang, Rabu (28/6) malam.

Selain itu, kata Muhammad Ali juga diikuti oleh ratusan masyarakat yang melakukan pawai obor dan memakai pakaian khas adat di Deli Serdang.

"Tujuan diadakan acara ini untuk melalukan syiar agama Islam di tengah masyarakat, dan memeriahkan acara Idul Adha tersebut. Serta menjaga tali silaturahmi masyarakat di Deli Serdang ini," ucapnya.

Dia menyambut baik dalam penyelenggara festival pawai takbir akbar ini, dan semoga ke depan berlanjut yang lebih meriah lagi.

Selain itu, Pemerintah Deli Serdang juga mengimbau kepada peserta agar tetap menjaga kondusivitas dan kebersamaan pada festival pawai takbiran Idul Adha.

Sementara itu, Wakapolres Pelabuhan Belawan Kompol Kompol Aris Fianto mengatakan puluhan personel sudah ditempatkan di titik pawai takbiran dari Lapangan Klambir Lima kebun- Kelumpang kebun sampai kembali ke awal.

"Baik dari awal sampai titik akhir pawai personel sudah ada, agar acara ini tetap berjalan dengan baik sampai selesai," ucapnya.

Ditambah pihak dari Satpol PP Deli Serdang dan Dinas Kesehatan Deli Serdang yang menggunakan mobil ambulans termasuk tim medis untuk mendampingi kafilah di setiap lokasi pawai takbiran.

Baca juga: Umat Islam Biak pawai takbir keliling malam Idul Adha
Baca juga: Ma'ruf Amin turut kumandangkan takbir saat shalat Id di Istiqlal

Pewarta: M. Sahbainy Nasution
Editor: Triono Subagyo
Copyright © ANTARA 2023