Pangkalpinang (ANTARA) - Pemerintah Kota Pangkalpinang, Provinsi Kepulauan Bangka Belitung mengalihkan tempat Shalat Idul Adha 1444 Hijriah dari Lapangan Merdeka ke Masjid Jami' Kota Pangkalpinang karena hujan cukup lebat mengguyur daerah itu.

"Alhamdulillah, pelaksanaan Shalat Idul Adha tahun ini berjalan lancar, aman, dan khusyuk," kata Wali Kota Pangkalpinang Maulan Aklil usai melaksanakan Shalat Idul Adha 1444 Hijriah di Masjid Jami' Kota Pangkalpinang di Pangkalpinang, Kamis.

Ia mengatakan Shalat Idul Adha 1444 Hijriah direncanakan di Lapangan Merdeka Pangkalpinang, namun alihkan ke Masjid Jami' karena hujan yang cukup lebat pada Kamis dini hari.

"Pada kesempatan ini, mungkin hari terakhir bagi kami memimpin Kota Pangkalpinang. Oleh karena itu, kami memohon doa masyarakat khususnya jamaah Masjid Jami' ini," ujarnya.

Baca juga: Wandan Kultur suguhkan Samra, hibur warga Ambon usai Shalat Idul Adha

Ia menyatakan makna Hari Raya Idul Adha terkait dengan pengorbanan, seperti dalam kondisi saat yang harus banyak bersabar dan istigfar.

"Bagi kami pribadi banyak pelajaran yang didapat selama menjadi Wali Kota Pangkalpinang ini," katanya.

Shalat Idul Adha di Masjid Jami Kota Pangkalpinang, Kamis pagi, dilaksanakan umat Islam setempat secara lancar, tertib, aman, dan khusyuk.

Sekitar seribu umat Muslim memadati bagian dalam dan luar masjid tertua di "Kota Beribu Senyuman" --sebutan Kota Pangkalpinang-- itu. Terlihat pula aparat gabungan TNI, Polri, Dinas Perhubungan, dan Satpol Pamong Praja Kota Pangkalpinang bersiaga dan mengatur lalu lintas di kawasan masjid tersebut.

Baca juga: Puluhan ribu umat Muslim di Mataram Shalat Idul Adha 1444 Hijriah 
Baca juga: Presiden Jokowi laksanakan shalat Idul Adha di Istana Yogyakarta
Baca juga: Ma'ruf Amin shalat Idul Adha di Masjid Istiqlal Jakarta

Pewarta: Aprionis
Editor: M. Hari Atmoko
Copyright © ANTARA 2023