Jakarta (ANTARA) - DPD Taruna Merah Putih (TMP) DKI Jakarta membagikan ribuan paket daging kurban di berbagai wilayah DKI Jakarta dalam rangka Hari Raya Idul Adha 1444 Hijriah.

"Saya bersyukur banyak kader TMP DKI Jakarta yang mau ikut gotong royong untuk bersama merayakan Idul Adha 1444 Hijriah dengan mengurbankan tiga ekor sapi di kantor kami, DPD TMP DKI Jakarta, Ruko Prima Sunter. Dari tiga ekor ini menjadi 1.000 paket yang dibagikan kepada warga," kata Ketua DPD Taruna Merah Putih DKI Jakarta Brando Susanto dalam keterangan yang diterima di Jakarta, Jumat.

Brando menegaskan budaya gotong royong di TMP, yang dilakukan dalam setiap momentum hari raya keagamaan, semakin menumbuhkan toleransi serta ikatan persaudaraan antarsesama.

"Apalagi yang gotong royong tersebut tidak hanya mewakili satu agama, melainkan banyak perwakilan agama dari saudara-saudara non-muslim. Hal ini merupakan perayaan atas kebinekaan. Kita merayakan perbedaan untuk meneguhkan persatuan," jelasnya.

Baca juga: Masjid At-Tin bagikan 3.000 bungkus daging hewan kurban

Selain itu, lanjutnya, merayakan kebinekaan adalah suatu kejadian nyata bahwa Indonesia kaya akan perbedaan dan tetap bersaudara dalam tindakan.

"Menjadi istimewa karena banyak anak muda Jakarta yang ambil bagian dalam peranan penting proses gotong royong Idul Adha berkurban ini," tambahnya.

Brando Susanto juga mengimbau agar seluruh elemen masyarakat memperkuat toleransi antarsesama dengan tindakan konkret, sebab Pancasila harus dijiwai dengan mengamalkannya secara nyata dalam sikap dan tindakan.

"Tidak cukup hanya mengucap Pancasila, karena Pancasila bukan hanya konsep; tetapi diamalkan, dilaksanakan. Kebinekaan dan juga gotong royong akan menjadi seruan semu bila kita tidak pernah sekalipun melaksanakannya secara bersama-sama," ujar Brando.

Baca juga: Kemensos salurkan daging kurban untuk 1.850 mustahik pada Idul Adha

Pewarta: Putu Indah Savitri
Editor: Fransiska Ninditya
Copyright © ANTARA 2023