Merak (ANTARA) -
PT ASDP Ferry Indonesia Cabang Utama Merak memperkirakan puncak arus balik Iduladha 1444 Hijriah pada Minggu (2/7), karena para pegawai negeri sipil (PNS) maupun perusahaan swasta Senin sudah kembali masuk kerja.
 
Sekarang,arus balik Idul  Adha masih normal dan belum terlihat lonjakan,"kata Kepala Bagian Humas PT ASDP Cabang Utama Merak Putu di Merak, Sabtu.
 
Pemudik arus balik di enam dermaga relatif normal dan berjalan lancar untuk menyeberang bertujuan Bakauheni, Lampung.
 
Keenam dermaga itu antara lain satu Dermaga Eksekutif dan lima Dermaga Reguler.
 
Saat ini,area parkir dermaga normal, sehingga tidak terjadi antrean kendaraan.
 
Namun, pihaknya meyakini puncak arus balik dipastikan terjadi Minggu (2/7) baik dari Pelabuhan Merak ke Bakauheni maupun sebaliknya Pelabuhan Bakauheni menuju Merak.
 
"Kami mengoptimalkan seluruh petugas untuk memberikan pelayanan yang terbaik bagi pengguna jasa agar lancar,aman, nyaman dan selamat sampai tujuan,"katanya menjelaskan.
 
Berdasarkan data arus balik selama 24 jam sepanjang Jumat (30/6) dari Posko Pelabuhan Merak pergerakan penumpang H+1 Idul Adha tercatat 34.296 penumpang terdiri dari penumpang pejalan kaki 2.454 orang dan penumpang di atas kendaraan 31.842 orang.
 
Sedangkan, jumlah kendaraan tercatat 7.820 unit terdiri dari roda dua 1.269 unit,roda empat 4.159 unit, bus 274 unit dan truk 2.118 unit.
 
Selain itu kapal Ferry yang dioperasikan sebanyak 29 armada dengan 99 trip pulang pergi (PP) Merak-Bakauheni, Lampung.
 
"Kami menjamin pemudik arus balik dari Merak - Bakauheni maupun sebaliknya Bakauheni -Merak normal dan lancar,"katanya menjelaskan.
 
Begitu juga petugas parkir Dermaga Eksekutif Pelabuhan Merak Feri mengatakan arus balik dari Merak menuju Pelabuhan Bakauheni sejak sore sampai malam hari relatif normal dengan jumlah kendaraan sekitar 120 unit.
 
"Semua kendaraan itu langsung diseberangkan oleh satu armada kapal yang tiba di Dermaga Eksekutif Pelabuhan Merak,"kata Feri.
 
Sugeng, pemudik yang hendak menuju Lampung mengaku dirinya berangkat dari Kebun Jeruk Jakarta sore hingga tiba di Pelabuhan Merak 19.50 WIB.
 
Ia lebih awal arus balik ke tempat kerja di Bandar Lampung guna menghindari kemacetan kendaraan.
 
"Kami berharap tiba di Bandar Lampung dini hari dan selamat sampai tujuan,"katanya menjelaskan.
 
 

Baca juga: Aktivitas arus balik Merak -Bakauheuni normal dan lancar

 

Pewarta: Mansyur suryana
Editor: Nurul Aulia Badar
Copyright © ANTARA 2023