Dermaga-dermaga yang dibangun tahun ini bernuansa religi.
Banjarmasin (ANTARA) -
Pemerintah Kota (Pemot) Banjarmasin, Kalimantan Selatan (Kalsel) membangun tujuh dermaga untuk menunjang wisata lewat sungai di wilayah objek wisata pinggiran Sungai Martapura pada tahun 2023.
 
"Dermaga-dermaga yang dibangun tahun ini bernuansa religi," ujar Wali Kota Banjarmasin H Ibnu Sina, di Banjarmasin, Jumat.
 
Menurut dia, tujuh dermaga di kawasan objek wisata yang dibangun itu, tiga di antaranya bantuan dari pemerintah pusat dari Kementerian Perhubungan RI.
 
"Dari dana alokasi khusus dari Kemenhub RI," ujarnya pula.
 
Salah satu pembangunan dermaga yang desainnya bernuansa religi tersebut, kata Ibnu Sina, dibangun di Kubah Basirih, Banjarmasin Barat.
 
"Dermaga di dekat wisata religi ziarah Kubah Basirih itu diperkirakan menghabiskan dana Rp2,5 miliar," kata Ibnu Sina.
 
Kubah Basirih yang merupakan makam Habib Hamid bin Abbas Bahasyim, lebih dikenal Habib Basirih, wafat pada tahun 1949 tersebut jadi perhatian pemerintah pusat karena ditetapkan sebagai Desa Wisata Indonesia (ADWI) tahun 2022.
 
"Untuk menunjang transportasi sungai ke sana, maka dibuatnya dermaga yang baik, hingga makin menambah daya tarik bagi wisata datang sekalian menikmati wisata susur sungai," ujarnya lagi.
 
Sebagian daerah yang mengandalkan pariwisata sungai, karena dijuluki "Kota Seribu Sungai ", ujar Ibnu Sina, namun juga dikenal kota religi dengan banyak makam dan mesjid keramat, maka dermaga yang dibangun ke depannya ini bernuansa religi.
 
"Kemarin kita sepakati dengan JPO di Jakarta, ya dermaganya adalah nuansa-nuansa religi," ujarnya pula.
 
Selain di kawasan objek wisata Basirih, dermaga serupa juga dibangun di wilayah objek wisata di Siring Sungai Martapura di Jalan RE Martadinata atau depan Balai Kota dan di Siring Sungai Martapura di Menara Pandang.
 
"Ada empat dermaga lagi kita bangun tahun ini dengan dana APBD kota, dibangun desainnya serupa seperti bantuan pusat itu," ujar Ibnu Sina.
Baca juga: Banjarmasin siapkan pengamanan mudik lebaran jalur sungai
Baca juga: Penumpang kapal penyeberangan di Banjarmasin meningkat saat lebaran

Pewarta: Sukarli
Editor: Budisantoso Budiman
Copyright © ANTARA 2023