Kami siapkan sebanyak 39 event, di antaranya berskala nasional.
Banjarmasin (ANTARA) - Pemerintah Kota (Pemkot) Banjarmasin, Kalimantan Selatan siap menggelar sebanyak 39 rangkaian kegiatan untuk menarik kunjungan wisata sepanjang tahun 2024.

Wali Kota Banjarmasin H Ibnu Sina, di Banjarmasin, Senin, menyampaikan bahwa kota ini terus berupaya menggeliatkan sektor wisata, di antaranya menggelar kegiatan yang bisa menarik wisatawan nusantara hingga mancanegara.

"Karenanya kami siapkan sebanyak 39 event, di antaranya berskala nasional," ujarnya pula. Seperti, ujar dia, Kemilau Banjarmasin Bungas dan Banjarmasin Sasirangan Festival (BSF).

"Kedua event ini menampilkan berbagai kebudayaan dan kesenian di Kota Seribu Sungai, tentunya menarik disaksikan," ujarnya lagi.

Selain kegiatan yang bernuansa budaya serta kearifan wisata sungai di kota ini, ungkap Ibnu Sina, event lainnya juga jadi bagian tidak langsung menambah kunjungan wisata di kota ini.

Sebut saja Kota Banjarmasin akan menjadi tuan rumah peringatan Hari Kanker Sedunia, dan jadi tempat rapat kerja nasional (Rakernas) Jaring Kota Pusaka Indonesia.

"Banjarmasin adalah anggota kota pusaka, tentu nanti banyak tamu-tamu yang datang, dan kami berharap kita menjadi tuan rumah yang baik dan sukses dalam pelaksanaannya, karena kota pusaka itu anggotanya hampir 70 kota se-Indonesia," ujarnya lagi.

Menurut Ibnu Sina, kalender semua event kota ini bertujuan untuk menghidupkan suasana kota serta menciptakan geliat kehidupan ekonomi kota khususnya di kawasan destinasi wisata.

"Insya Allah Kota Banjarmasin semakin berbenah dan ini tahun terakhir kami, jadi kami berharap apa yang sudah dilakukan selama dua periode ini, dapat kita persembahkan untuk seluruh masyarakat Kota Banjarmasin atau yang berkunjung ke Kota Banjarmasin," ujarnya lagi.
Baca juga: Pemkot Banjarmasin menggelar Pasar Terapung Traveling Mart 2023 
Baca juga: Bank Kalsel dan BP Geopark Meratus perkuat kemitraan kembangkan wisata

Pewarta: Sukarli
Editor: Budisantoso Budiman
Copyright © ANTARA 2024