Jakarta (ANTARA) - Baskara Putra atau yang dikenal sebagai Hindia mengatakan album terbarunya "Lagipula Hidup Akan Berakhir"  adalahpencapaian hidup.

Hindia di Jakarta, Jumat, menyebut capaian tersebut tak akan pernah dia capai kembali di masa yang akan datang, mengingat album keduanya ini berisi total 28 lagu, hampir dua kali lipat dari album kebanyakan.

“Subjektif, ya, secara kesenian. Tapi, kalau dari (sisi) kuantitatif saya melihat kesuksesan dari album ini, kapan lagi saya mau ngapain saja dituruti semua pihak yang terkait dalam album ini,” kata Hindia.

Enggak mungkin punya kesempatan lagi buat album 28 lagu dua bagian, dan dikabulkan,” Hindia menambahkan.

Baca juga: Segera rilis, album baru Hindia bahas soal “warisan buruk”

Pria kelahiran 22 Februari 1994 itu mengatakan sudah berusaha untuk memangkas karya-karyanya menjadi lebih singkat, namun, keinginan untuk menceritakan berbagai kisah secara utuh menjadi alasan.

“Ini sebenarnya sudah berkali-kali berusaha dipotong, ya, mungkin ego saya saja, enggak mau nanti ceritanya jadi enggak lengkap,” Hindia menjelaskan.

Butuh waktu sekitar dua setengah tahun bagi pria lulusan Fakultas Ilmu Sosial dan Ilmu Politik Universitas Indonesia itu untuk menulis lirik hingga proses rekaman album keduanya ini.

“Lagi Pula Hidup Akan Berakhir” mengisahkan tentang warisan buruk duniawi, mulai dari krisis iklim, inflasi, politik, hingga trauma. Dalam album itu, Hindia cukup geram dengan kekacauan dunia saat ini.

Lebih lanjut, Hindia menceritakan bahwa menulis lagu adalah satu-satunya cara baginya untuk menuangkan segala isi hati dan kepalanya. Sebagai cara menyembuhkan diri sembari dirinya sempat rutin berkonseling dengan psikolog.

“Mengapa saya masih harus bolak-balik ke psikolog lagi, selain saya bisa lebih stabil saat semuanya bisa saya tuangkan di album pertama,” kata dia.

Pada album kedua, Hindia mengibaratkan dia mundur tiga-empat langkah untuk melihat apa yang dirasakan pada album pertama.

“Ternyata banyak hal tidak mengenakkan itu akarnya dari hal yang tidak bisa saya kontrol,” ujar Hindia menambahkan.

Album “Lagipula Hidup Akan Berakhir” yang diedarkan oleh Sun Eater itu dapat dinikmati oleh pendengar di berbagai platform musik digital mulai 7 Juli 2023. Sedangkan video klipnya dapat dinikmati di kanal YouTube Hindia.

Baca juga: Hindia kembali luncurkan lagu terbaru "Kami Khawatir, Kawan"

Baca juga: Lomba Sihir segera rilis lagu terbaru "Ribuan Memori"

Baca juga: HMGNC lepas "Heart to Feel" tentang pendewasaan berbagai perasaan


Pewarta: Pamela Sakina
Editor: Natisha Andarningtyas
Copyright © ANTARA 2023