Jakarta (ANTARA) - Pebasket Indonesia Kelly Purwanto dan Abraham Damar memuji acara Indonesia Slamdunk Festival yang pada Jumat (30/6) menampilkan tujuh freestyler Hungaria yang unjuk gigi dalam pentas International Basketball Freestyle Dunkings Show di Mall Kota Kasablanka (Mall Kokas), Jakarta Selatan.

Pada acara pembukaan International Basketball Freestyle Dunkings Show itu, tujuh nama freestyler dari Hungaria yaitu Benjamin Goy, Duka Ferenc Artur, Borlay Csanad, Marton Lukacs, Daniel, Bence Laszlo, dan Lukacs Noemi Zsofia memamerkan atraksi-atraksi slamdunk dengan lompat dari trampolin yang disediakan dan kemudian sambil meliuk-liuk di udara sebelum memasukan bola ke dalam ring basket.

Kelly dan Abraham yang sebagai tamu undangan dari kalangan pebasket Indonesia menilai acara slamdunk tersebut sangat menarik dan menghibur.

“Seru banget karena ini pertama kalinya gue melihat show kayak gini, sebenernya kalo kita sering nonton NBA sering ada yang kaya gini kan. Gue bisa langsung ngeliat sendiri,” kata Kelly.

Pebasket yang di ajang Indonesia Basketball League (IBL) tahun ini itu lalu memuji kemampuan yang dimiliki tujuh freestyler basket dari Hungaria yang hampir menampilkan semua pertunjukannya dengan sempurna.

Kelly mengatakan untuk melakukan teknik slamdunk ini tidak mudah karena harus bisa memegang bola dengan pas dan timing yang tepat.

“Kalau dibilang gampang sebenernya nggak, karena bukan hanya lompatan ada triknya juga. Saya juga pernah melakukan slamdunk tidak mudah apa lagi tinggi badan seperti saya. Harus bisa megang bola, timing harus pas,” kata pebasket Amartha Hangtuah Jakarta itu.

“Kadang kita suka liat pemain NBA lompatannya udah tinggi tapi bola engga masuk itu timingnya enggak pas,” kata Kelly.

Baca juga: Tujuh freestyler basket Hungaria ramaikan festival slamdunk di Kokas

Sementara itu menurut Abraham, teknik slamdunk yang dipraktekkan ketujuh freestyler itu tidak mudah karena dibutuhkan latihan keras untuk membuat tubuh lentur dan bisa memasuklan bola sambil beratraksi terlebih dahulu di udara.

“Ya maksudnya untuk nge-dunk sendiri aja tuh butuh latihan keras, butuh kelok badan yang lentur, butuh kerja keras untuk nguatin badan, dan saya untuk mereka meliuk-liuk di udara seperti ini itu bukan hasil yang instan karena mereka bekerja keras supaya bisa mencapai fleksibiitas tertentu untuk bisa berputar-putar di udara seperti,” kata pebasket Prawira Harum Bandung itu.

Abraham menambahkan bahwa acara seperti International Basketball Freestyle Dunkings Show ini dapat membuat perkembangan olahraga basket Indonesia ke depannya akan lebih baik.

“Saya rasa kalau kegiatan ini animonya bagus, bisa mendapatkan atensi yang lebih dari publik, akan lebih baik lagi untuk perkembangan bola basket ke depannya,” kata pebasket 27 tahun tersebut.

Selain Kelly dan Abraham, beberapa pebasket Indonesia lainnya juga turut memeriahkan yaitu ada Cassiopea Thomas Manuputty, Rizky Effendi, Rivaldo Pangesthio, Priscilla Karen, Jesslyn Angelique, dan Savira Alifa.

International Basketball Freestyle Dunkings Show dalam rangkaian acara Indonesia Slamdunk Festival ini dapat disaksikan penonton secara gratis pada 1-2 Juli dan 4-9 Juli pukul 14.00, 16.00, dan 18.00 WIB di Grand Atrium Mall Kokas.

Baca juga: Freestyler basket Hungaria puji kemeriahan penonton Indonesia

Pewarta: Zaro Ezza Syachniar
Editor: Irwan Suhirwandi
Copyright © ANTARA 2023