Lebaran Idul Adha 1444 Hijriah ini kita buka lagi bertepatan Sabtu 1 Juli dengan memaksimalkan setiap ruangan sampai lantai tiga
Banda Aceh (ANTARA) - Museum Tsunami Aceh yang dibuka pada H+2 Idul Adha 1444 Hijriah, Sabtu (1/7) 2023 dipadati para pengunjung yang datang dari berbagai daerah guna melihat langsung berbagai koleksi dan cerita tentang musibah gempa dan tsunami yang melanda Aceh pada penghujung tahun 2004.

Para pengunjung terlihat antre di pintu masuk guna melihat langsung berbagai koleksi terkait tsunami Aceh yang disimpan dalam Museum Tsunami Aceh di Banda Aceh.

"Lebaran Idul Adha 1444 Hijriah ini kita buka lagi bertepatan Sabtu 1 Juli dengan memaksimalkan setiap ruangan sampai lantai tiga," kata Kepala UPTD Museum Tsunami Aceh M Syahputra Azwar di Banda Aceh, Sabtu.

Ia menjelaskan ada beberapa venue yang dimaksimalkan terutama pada memorium hall serta bagian luar yg dipasang foto-foto sehingga pengunjung dapat melihat dan merasakan tidak hanya bahagian dalam akan tetapi bahagian luar museum.

"Kami berharap dengan berbagai foto dan media yang ditampilkan dalam Museum Tsunami Aceh ini dapat memberikan edukasi kepada seluruh masyarakat terhadap bencana yang melanda Aceh pada akhir tahun 2004 silam," katanya.

Ia menyebutkan total pengunjung pada hari pertama mencapai 3.813 pengunjung terdiri atas dewasa 2.723 orang, anak-anak 1.002 orang dan asing 88 orang.

Ia menambahkan pada libur akhir pekan jumlah pengunjung yang datang ke Museum Tsunami Aceh sebanyak 1.000 orang.

"Artinya pengunjung ke Museum Tsunami meningkat drastis pada hari pertama dibuka sejak Lebaran Idul Adha 1444 Hijriah dibanding dengan kunjungan pada libur akhir pekan," demikian M Syahputra Azwar ​​​​​​.

 

Pewarta: M Ifdhal
Editor: Andi Jauhary
Copyright © ANTARA 2023