China tunjuk Beckham untuk pulihkan citra

China tunjuk Beckham untuk pulihkan citra

Pemain sepak bola David Beckham dan istrinya Victoria Beckham. (Reuters/Danny Moloshok)

Ini adalah olahraga indah yang menginspirasi orang-orang di seluruh dunia dan menyatukan keluarga, maka saya puas dengan peluang untuk memperkenalkan lebih banyak penggemar kepada permainan ini."
Mumbai (ANTARA News) - China menunjuk mantan kapten tim nasional Inggris David Beckham sebagai duta sepak bola global pertama mereka untuk memulihkan citra permainan ini, yang telah dihantam skandal pengaturan pertandingan dan eksodus bintang-bintang asing dari liga negara itu.

Pada peran barunya itu, Beckham, yang telah bergabung dengan klub Prancis Paris Saint Germain pada Januari, diharapkan dapat membantu membawa Liga China ke panggung dunia dan mempromosikan permainan ini di negara dengan jumlah penduduk terbanyak di dunia ini.

"Saya merasa terhormat telah diminta untuk memainkan peran penting pada saat yang istimewa untuk sejarah sepak bola China," kata Beckham dilaporkan Reuters.

"Saya senang dengan prospek mempromosikan permainan terhebat di dunia ini kepada para penggemar olahraga China, seperti saya telah melihat terdapat pertumbuhan ketertarikan terhadap sepak bola di sini."

"Ini adalah olahraga indah yang menginspirasi orang-orang di seluruh dunia dan menyatukan keluarga, maka saya puas dengan peluang untuk memperkenalkan lebih banyak penggemar kepada permainan ini."

China menarik perhatian pecinta sepak bola ketika pemain-pemain seperti Nicolas Anelka dan Didier Drogba, serta pelatih-pelatih papan atas termasuk Marcello Lippi memilih klub-klub China sebagai destinasi berikutnya saat meneruskan karirnya.

Bagaimanapun, setelah semusim berlalu, baik Drogba dan Anelka mengakhiri petualangan mereka di China, dengan menerima bahwa hasrat untuk bermain di level yang lebih tinggi lebih penting bagi mereka.

Pukulan yang lebih besar menghantam pada bulan ini ketika Asosiasi Sepak Bola China (CFA) menjatuhi sanksi terhadap 58 orang termasuk dua petinggi sepak bola, yang melengkapi perjuangan tiga tahun untuk memberantas korupsi di olahraga ini.

Sebagai salah satu pesepak bola paling populer di seluruh dunia, Beckham terakhir kali menjadi duta khusus untuk Olimpiade London tahun lalu. Para ofisial China berharap popularitas dan pengaruhnya dapat merestorasi kredibilitas sepak bola di negara itu.

"2013 menandai perayaan 20 tahun sepak bola profesional di China dan duta khusus David Beckham akan menarik perhatian global kepada sepak bola China dan Liga Super China," demikian kutipan pernyataan ofisial CFA yang tidak memberikan identitasnya.

"Sementara di China, ia akan menghadiri CSL (Liga China) dan mengunjungi klub-klub untuk mendapatkan pandangan mendalam tentang sepak bola di China."

"Ia juga akan membantu kami menginspirasi dan memotivasi banyak anak-anak untuk berpartisipasi pada permainan indah ini."

Liga China tahun ini akan dimulai pada Jumat.

(H-RF)



(Uu.SYS/C/H-RF/B/I015) 04-03-2013 17:06:13

Editor: Tasrief Tarmizi
COPYRIGHT © ANTARA 2013

Komentar