Karawang (ANTARA) - Petugas menerapkan "contraflow" di Jalan Tol Jakarta-Cikampek arah Jakarta mulai dari KM 70 sampai KM 47, menyusul padatnya arus lalu lintas pada Minggu sore.

VP Corporate Secretary and Legal PT Jasamarga Transjawa Tol Ria Marlinda Paallo, di Karawang, Minggu, menyampaikan "contraflow" dilakukan petugas atas diskresi pihak kepolisian.

Ia menyampaikan penerapan "contraflow" dilakukan mulai sore hari pada pukul 16.00 WIB di sepanjang Ruas Jalan Tol Jakarta-Cikampek dari KM 70 sampai KM 47.

Hal tersebut dilakukan untuk mengantisipasi peningkatan volume lalu lintas yang terjadi di Jalan Tol Jakarta-Cikampek arah Jakarta, kata dia,

Saat ini, ujarnya, Jasamarga mengoptimalkan pelayanan transaksi di Gerbang Tol Cikampek Utama dengan mengoperasikan total 18 gardu tol dari kondisi normal 15 gardu tol.

Baca juga: Petugas terapkan buka tutup contraflow di jalan Tol Jakarta-Cikampek
Baca juga: Tol Jakarta-Cikampek diterapkan buka tutup contraflow atasi kepadatan


Selain itu, kata dia, disiagakan penambahan 16 unit "mobile reader" untuk meningkatkan kapasitas transaksi.

Sementara itu, pada momentum libur panjang Idul Adha 1444 Hijriah , Polres Karawang menyiagakan personel di sejumlah titik untuk melakukan pengaturan arus lalu lintas.

Kasatlantas Polres Karawang AKP La Ode Habibi Ade Jama menyampaikan ada puluhan personel Satlantas yang disebar di sejumlah titik di jalan arteri maupun di jalan tol.

"Sebanyak 30-50 personel dikerahkan untuk memperlancar arus lalu lintas pada musim libur panjang Idul Adha," kata dia.

Saat rekayasa lalu lintas "contraflow" di Jalan Tol Jakarta-Cikampek arah Jakarta, jajaran kepolisian dari Polres Karawang melakukan penyisiran dan pengaturan arus lalu lintas bersama jajaran Jasamarga. 

Pewarta: M.Ali Khumaini
Editor: Herry Soebanto
Copyright © ANTARA 2023