Bandung (ANTARA) - Festival Olahraga Rekreasi Nasional (Fornas) VII 2023 dibuka secara resmi dengan ditandai lontaran ketapel oleh beberapa tokoh di Stadion Si Jalak Harupat, Kabupaten Bandung, Jawa Barat, Jumat malam.

Lontaran ketapel itu dilakukan oleh Menteri Koordinator Bidang Pembangunan Manusia dan Kebudayaan (Menko PMK) Muhadjir Effendy, Menteri Pemuda dan Olahraga (Menpora) Dito Ariotedjo, Gubernur Jawa Barat Ridwan Kamil, Ketua KORMI Hayono Isman, Bupati Bandung Dadang Supriatna, dan Ketua KORMI Jawa Barat Denda Alamsyah.

Menko PMK Muhadjir Effendy dalam sambutannya menjelaskan tentang olahraga nasional, yaitu pertama olahraga pendidikan yang diselenggarakan dalam rangka untuk membentuk karakter, membentuk jiwa sportivitas, membentuk jiwa kedisiplinan.

"Yang kedua adalah olahraga masyarakat. Saat ini, kita sedang melaksanakan olahraga masyarakat. Tujuannya untuk menjaga agar masyarakat hidup sehat," katanya.

Kemudian yang ketiga yaitu olahraga prestasi yang selama ini telah dilaksanakan dengan banyak prestasi di semua level.

"Baik di level nasional, regional, sampai di tingkat internasional," ujarnya.

Selama ini, menurut Muhadjir, yang tidak terlalu dikenal adalah olahraga masyarakat, oleh karena itu, momentum Fornas VII ini adalah momentum yang strategis dalam rangka untuk memasyarakatkan, menggelorakan olahraga masyarakat.

"Selamat bertanding kepada para peserta Fornas VII, jaga sportivitas dan solidaritas," katanya.

Baca juga: Ridwan Kamil: Fornas VII 2023 berdampak positif pada ekonomi Bandung

Sementara itu, Menpora Dito Ariotedjo turut mengapresiasi terhadap Pemerintah Provinsi Jabar, KORMI Jabar, Pemerintah Kabupaten Bandung dan KORMI Kabupaten Bandung atas dilaksanakannya Fornas VII 2023 di Jawa Barat.

"Sehingga Fornas 2023 berlangsung sangat meriah. Salut dan bangga atas sportivitas dan perhatian para penggiat olahraga masyarakat dari seluruh Tanah Air yang hadir di Fornas VII Jawa Barat," katanya.

Dito mengatakan di Fornas VI diikuti 12.000 peserta dan Fornas VII diikuti 23.000 peserta lebih.

"Fornas merupakan perjalanan nasional dua tahunan dan makin ke sini mampu menghadirkan peserta atau penggiat olahraga dengan jumlah 23.000 peserta lebih merupakan angka yang fantastis. Yang tentunya akan memberikan inspirasi dan semangat baru untuk andil di olahraga. Selamat bertanding, bersenang-senang dan bertanding riang gembira dalam Fornas," katanya.

Baca juga: Bupati: 25.000 pegiat olahraga-kepala daerah hadir di Fornas ke-VII

Sementara itu, Bupati Bandung Dadang Supriatna mengucapkan selamat datang kepada para pegiat olahraga rekreasi pada Fornas VII tahun 2023 di Stadion Si Jalak Harupat.

"Saya sangat apresiasi dan selamat datang kepada seluruh pegiat olahraga yang tergabung di KORMI. Inilah Kabupaten Bandung, salah satu kabupaten di Jawa Barat," kata Dadang.

Dadang mengucapkan terima kasih kepada Ketua KORMI yang sudah memberikan kesempatan kepada Kabupaten Bandung dan Jawa Barat menjadi tuan rumah Fornas VII tahun 2023 di Jawa Barat.

"Fornas kali ini kami mempersiapkan venue-venue secara langsung, dan ada venue yang baru. Alhamdulillah, kemarin sudah kita resmikan oleh Ketua Umum KORMI Nasional. Hampir 99 persen venue berada di Kabupaten Bandung," kata Dadang.

Bupati Bandung berharap saat melaksanakan kegiatan olahraga bisa sambil healing ke tempat-tempat wisata di Kabupaten Bandung. Untuk itu, Bupati Dadang Supriatna mengatakan, para pegiat olahraga dan pejabat daerah yang sudah terdaftar hampir 25.000 orang semoga bisa menikmati alam Kabupaten Bandung yang sangat indah.

"Kegiatan KORMI yang hampir 9 hari di Kabupaten Bandung, maka saya berharap berolahraga sambil healing di wilayah Kabupaten Bandung. Karena Kabupaten Bandung mempunyai hampir 5000 tempat wisata. Selamat datang dan selamat bertanding sambil menikmati alam Kabupaten Bandung," kata Dadang.

Baca juga: Menpora Dito puji semangat partisipasi masyarakat di FORNAS VII 2023

Pewarta: Ricky Prayoga
Editor: Irwan Suhirwandi
Copyright © ANTARA 2023