Jakarta (ANTARA) - Menteri Pemuda dan Olahraga (Menpora) RI Dito Ariotedjo menyebut ajang Festival Olahraga Masyarakat (FORNAS) VII 2023 yang diselenggarakan di Bandung, Jawa Barat dapat meningkatkan kesadaran berolahraga masyarakat.

FORNAS VII 2023 bakal digelar pada 2-9 Juli dengan mengangkat tema "Merajut Potensi Olahraga Masyarakat Menuju Sukses Indonesia Bugar 2045".

"Olahraga rekreasi ini (FORNAS) memiliki peran positif untuk meningkatkan kemauan dan keinginan masyarakat untuk bergerak. Jika dimulai dari lingkungan terkecil, mereka gemar berolahraga, maka kesadaran masyarakat untuk berolahraga semakin tinggi," kata Menpora dilansir dari keterangan resmi, Sabtu.

Menpora Dito mengapresiasi partisipasi masyarakat yang terus tergerak untuk melakukan olahraga dalam menjaga kebugarannya, lantaran memiliki efek berkelanjutan yang dapat mengisi sendi-sendi kehidupan.

"Selain meningkatkan indeks kebugaran masyarakat Indonesia, anak-anak muda yang gemar berolahraga pun nantinya bisa mendorong diri mereka menjadi calon-calon atlet masa depan Indonesia. Yang terpenting, ini menjadi bagian dari kampanye Kemenpora yang tak hanya olahrasa dan olahkarya, tetapi juga olahraga," kata Dito.

Baca juga: Bupati: Kegiatan Bandung Bedas Expo meriahkan Fornas VII Jabar

Pertandingan FORNAS ke-VII itu dihelat pada 37 arena pertandingan yang tersebar di empat wilayah di Kabupaten Bandung, yakni Kecamatan Kutawaringin, Soreang, Rancabali, dan Margahayu.

Kemudian pertandingan eksibisi berbagai jenis olahraga masyarakat dari 85 Induk Organisasi Olahraga Masyarakat (INORGA) anggota KORMI pun akan digelar, antara lain senam kebugaran, yoga, tai chi, olahraga pernapasan, barongsai, olahraga tradisional, sepeda BMX maupun sepeda tua (onthel), push bike bagi anak-anak usia 5-7 tahun, skate board, dan street soccer.

Lalu ada pertandingan e-sports, airsoftgun, panahan tradisional, layang-layang, lari trail dan orienteering, off-road, pencak silat, karate, taekwondo, binaraga, panco, ketapel, dance sport, dan berbagai olahraga masyarakat lainnya dari tiga cluster komisi olahraga KORMI, yaitu Olahraga Kesehatan dan Kebugaran (OKK), Olahraga Tradisional dan Kreasi Budaya (OTKB), dan Olahraga Petualangan dan Tantangan (OPT).

Baca juga: Lebih dari 20.000 penggiat olahraga masyarakat bakal ikuti Fornas 2023

FORNAS 2023 juga akan menghadirkan ajang seru lainnya, yaitu Sport Expo and Sports Fashion, festival pencak silat tradisi, seminar olahraga, eksibisi, bazar bagi para UMKM, serta konser musik, hingga menjadikan ajang ini sebagai sports tourism, sehingga ajang tersebut sejalan dalam Peraturan Presiden Nomor 86 Tahun 2021 tentang Desain Besar Olahraga Nasional (DBON).

"Ajang ini sudah sejalan dengan target yang ditetapkan dalam Peraturan Presiden Nomor 86 Tahun 2021 tentang Desain Besar Olahraga Nasional (DBON), yakni menuju Indonesia bugar 2045, sehingga mampu membawa perubahan di Indonesia untuk menjadi negara maju kedepannya," ungkap Dito.

Upacara pembukaan FORNAS VII 2023 akan berlangsung di Stadion Si Jalak Harupat, Soreang, pada Minggu pukul 19.00 WIB dan dibuka oleh Menpora yang mewakili Presiden RI Joko Widodo.

Baca juga: Rekayasa Lalin diberlakukan di Soreang 2-5 Juli sehubungan Fornas VII

Pewarta: Fajar Satriyo
Editor: Roy Rosa Bachtiar
Copyright © ANTARA 2023