Gunungkidul (ANTARA) - Pemerintah Kabupaten Gunungkidul, Daerah Istimewa Yogyakarta, membuka peluang pengembangan wisata dirgantara dengan konsep terbang mengelilingi wilayah ini dengan pesawat kecil yang terbang dan mendarat di Lapangan Udara Gading, Kecamatan Playen.

Bupati Gunungkidul Sunaryanta di Gunungkidul, Senin, mengatakan hari ini, dirinya melakukan uji coba terbang dengan pesawat kecil melintas mulai dari wilayah utara hingga wilayah pantai.

"Wilayah kita Gunungkidul ada fasilitas Lapangan Udara (Lanud) Gading, Playen yang bisa dimanfaatkan. Ini salah satu keunggulan yang ada," kata Sunaryanta.

Hari ini, ia  melakukan uji coba konsep aero wisata di Lanud Gading. Ia terbang dengan pesawat Zenith CH750 bersama komunitas Jogja Flaying Club ( JFC) yang merupakan binaan dari Federasi Aero Sport Indonesia (FASI) Lanud Adisucipto, Yogyakarta.

“Sungguh indah Gunungkidul dari udara,” katanya.

Bupati optimistis konsep wisata udara ini akan berhasil, mesti tergolong sebagai wisata minat khusus.

Pemkab Gunungkidul melakukan pembahasan secara serius baik dengan FASI Lanud Adisucipto, Jogja Flying Club (JFC) maupun nantinya dengan pihak swasta.

"Kami melakukan komunikasi dengan berbagai pihak untuk terwujudnya wisata udara ini," katanya.

Sementara itu, Kepala Dinas Potensi Dirgantara (Kadispotdirga) Lanud Adisutjipto Kolonel Sus Dedy Indrawanto menyambut baik wacana yang digulirkan Pemkab Gunungkidul ini. Ke depan, program wisata dirgantara khusus untuk Gunungkidul ini harus dimatangkan.

“Ke depan, wisata dirgantara ini harus dikemas dengan baik, sehingga semua kalangan dan masyarakat Gunungkidul dapat menikmati,” katanya.

Dalam kesempatan ini, bupati juga menerima bantuan dari Jogja Flying Club untuk korban gempa bumi Pacarejo, Semanu. Bantuan secara simbolis diberikan oleh anggota JFC kepada bupati.

Pewarta: Sutarmi
Editor: Evi Ratnawati
Copyright © ANTARA 2023