Jakarta (ANTARA) - Korea Selatan meminta dukungan Indonesia agar kota Busan terpilih menjadi tuan rumah World Expo 2030, sebuah pameran global yang berisi paviliun dari berbagai negara untuk menampilkan potensinya.

Pemerintah Korea Selatan saat ini sedang menggelar pameran promosi kota Busan di Jakarta guna memperkenalkan Busan sekaligus meminta dukungan Indonesia dalam pemilihan tuan rumah World Expo 2030.

“Kami merasa Korea Selatan adalah negara yang tepat untuk menjadi tuan rumah. Untuk itu, kami meminta bantuan Indonesia untuk mendukung kami,” kata Wakil Duta Besar Korsel untuk Indonesia Park Soo Duk kepada wartawan di Jakarta, Senin.

Park mengatakan bahwa Korsel merupakan negara yang mengalami transformasi pembangunan yang signifikan. Menurut dia, Korsel yang dulu merupakan negara miskin kini telah bertransformasi menjadi negara dengan pertumbuhan ekonomi yang pesat.

World Expo atau Pameran Dunia merupakan sebuah pameran internasional yang dirancang untuk menampilkan pencapaian negara-negara di dunia. Acara tersebut juga didedikasikan untuk menemukan solusi atas tantangan global.

Busan akan bersaing dengan Roma (Italia) dan Riyadh (Arab Saudi) untuk memperebutkan posisi tuan rumah World Expo 2030.

Penentuan negara tuan rumah World Expo 2030 akan dipilih oleh negara-negara anggota Biro Pameran Internasional (Bureau International des Expositions/BIE) pada Majelis Umum ke-173, yang bakal berlangsung pada November 2023. Satu negara memiliki satu suara.

World Expo sebelumnya telah berlangsung di Dubai, Uni Emirat Arab pada 1 Oktober 2021 hingga 31 Maret 2022. Adapun World Expo edisi berikutnya bakal digelar di Osaka, Jepang pada 13 April sampai 13 Oktober 2025.

Baca juga: Busan targetkan jadi tuan rumah World Expo 2030

Baca juga: Seperti apa Busan pada 2030?


Pewarta: Shofi Ayudiana
Editor: Yuni Arisandy Sinaga
Copyright © ANTARA 2023