mengharuskan eksportir untuk meminta izin untuk mengirimkan beberapa produk galium dan germanium
Beijing (ANTARA) - China akan mengendalikan ekspor beberapa logam yang banyak digunakan dalam industri semikonduktor, kementerian perdagangannya mengumumkan pada Senin (3/7/2023), salvo terbaru dalam perang yang meningkat atas akses ke mikrocip berteknologi tinggi antara Beijing dan Amerika Serikat.

Kontrol yang menurut China ditujukan untuk melindungi keamanan dan kepentingan nasional, akan mengharuskan eksportir untuk meminta izin untuk mengirimkan beberapa produk galium dan germanium.

Langkah untuk mengelola ekspor unsur-unsur langka yang diklasifikasikan Beijing sebagai strategis, dilakukan ketika Washington mempertimbangkan pembatasan baru pada pengiriman mikrocip berteknologi tinggi ke China, menurut laporan media.

Amerika Serikat dan Belanda juga akan memberikan pukulan satu-dua kepada pembuat cip China musim panas ini dengan membatasi lebih lanjut penjualan peralatan pembuat cip, sebagai bagian dari upaya untuk mencegah teknologi mereka digunakan untuk memperkuat militer China.

Baca juga: Jepang-AS akan terbitkan pernyataan tentang kerja sama semikonduktor

Kontrol China, yang berlaku mulai 1 Agustus, akan berlaku untuk delapan produk terkait galium: galium antimonida, galium arsenida, logam galium, galium nitrida, galium oksida, galium fosfida, galium selenida dan indium galium arsenida.

Mereka juga akan berlaku untuk enam produk germanium: germanium dioksida, substrat pertumbuhan germanium epitaxial, ingot germanium, logam germanium, germanium tetraklorida dan seng germanium phosphide.

Eksportir harus melalui prosedur untuk mendapatkan izin ekspor, kata Kementerian Perdagangan China dalam sebuah pernyataan.

Siapapun yang mengekspor produk ini tanpa izin dan mereka yang mengekspor melebihi volume yang diizinkan akan dihukum, katanya.

Germanium juga digunakan dalam teknologi inframerah, kabel serat optik dan sel surya.

Baca juga: Saham Eropa dibuka datar setelah aksi jual, didukung pembuat cip

Baca juga: Saham Eropa dibuka menguat terangkat ekuitas pembuat cip

Penerjemah: Apep Suhendar
Editor: Agus Salim
Copyright © ANTARA 2023