Los Angeles (ANTARA News) - Sutradara Steven Spielberg akan membuat mini seri televisi tentang Napoleon berdasarkan skenario Stanley Kubric, seperti dikutip dari laman AFP.

Pembuat film "E.T" itu mengerjakan skenario yang dibuat lima dekade lalu oleh Kubrick, sutradara karya klasik "2001: A Space Odyssey" dan "A Clockwork Orange".

"Saya telah mengembangkan skenario Stanley Kubrick untuk mini seri, bukan film, tentang kehidupan Napoleon," kata Spielberg pada Canal Plus tanpa menyebutkan apakah dia akan menyutradarai atau hanya memproduksi proyek itu.

"Kubrick menulis skrip itu pada 1961, sudah lama sekali," kata dia. Spielberg dan Kubrick pernah sama-sama terlibat dalam pengembangan "A.I. Artificial Intelligence" yang keluar pada 2001.

Kubrick, terkenal dengan perfeksionisme obsesif, meninggalkan proyek Napoleon karena masalah anggaran dan produksi, seperti dikutip dari Hollywood Reporter.

Dalam surat dalam draft untuk para eksekutif studio pada 1971, Kubrick --yang tutup usia di umur 70 tahun pada 1999 -- menulis, "Saya tidak mungkin mengatakan pada kalian apa yang akan saya lakukan, kecuali bahwa saya akan membuat film terbaik yang pernah saya ciptakan."

Kubrick menawarkan peran-peran utama untuk Oskar Werner juga Audrey Hepburn.

Dia awalnya meminta penulis "Clockwork Orange" Anthony Burgess untuk menulis buku tentang Napoleon yang akan digunakan sebagai dasar filmnya. Namun dia dikabarkan kecewa dengan manuskrip itu. 
(nan)

Penerjemah: Nanien Yuniar
Editor: Desy Saputra
Copyright © ANTARA 2013