Jakarta (ANTARA) -
DPP Komite Nasional Pemuda Indonesia (KNPI) membagikan sebanyak 800 bungkus daging sapi dan 500 bungkus daging kambing kepada warga terdampak gempa Cianjur, Jawa Barat.
 
Menurut Wakil Sekretaris Jenderal (Wasekjen) DPP KNPI Noer Azhari, dalam keterangan tertulis yang diterima di Jakarta, Selasa, pembagian daging merupakan salah satu kegiatan yang digelar untuk memeriahkan Peringatan 50 Tahun KNPI hadir di tengah rakyat Indonesia.
 
"Sesuai pesan Ketua Umum DPP KNPI Haris Pertama, kegiatan ini merupakan bagian peringatan sejarah emas pemuda atau 50 Tahun KNPI. Kegiatan ini merujuk sejarah panjang pengorbanan dan pengabdian pemuda, seperti yang diajarkan oleh Nabi Ismail dan Nabi Ibrahim tentang pentingnya merealisasikan makna ikhlas dengan berbagi kepada sesama yang membutuhkan," ujar dia.
 
Sebelumnya, KNPI telah menggelar beberapa kegiatan rangkaian Perayaan Hari Raya Idul Adha 1444 Hijriah, seperti pemotongan hewan kurban dengan berkolaborasi bersama jejaring pemuda dari Wahana Muda Indonesia, Isma Farm, dan AQL Islamic Center, di Kampung Keramat Legok Cianjur, sejak 1 Juli hingga 3 Juli 2023.

Baca juga: KNPI kurban 24 ekor hewan untuk warga terdampak pandemi di Jabodetabek
Baca juga: KNPI ajak pemuda jadi aktivis dan entrepreneur
 
Menurut Noer, kegiatan yang melibatkan jejaring pemuda itu menunjukkan bahwa KNPI mendukung para pemuda dan relawan mendampingi para penyintas gempa Cianjur. Hal itu, lanjut dia, selaras dengan arahan Haris Pertama agar KNPI menunjukkan kehadirannya di tengah-tengah rakyat.
 
Noer menjelaskan rangkaian acara Perayaan Hari Raya Idul Adha 1444 Hijriah itu dimulai oleh DPP KNPI dengan memobilisasi hewan kurban dari Isma Farm yang berada di Depok, Jawa Barat, menuju salah satu tempat pemotongan hewan di Cianjur.
 
"Pemotongan hewan kurban dilaksanakan sejak pukul 06.00 WIB pagi (3 Juli 2023)," kata dia.
 
Selain melakukan pemotongan hewan kurban dan membagikan, DPP KNPI menggelar acara masak dan makan bersama warga terdampak bencana gempa Cianjur.
 
"Selain pemotongan hewan kurban juga dilakukan masak dan makan bersama warga terdampak bencana gempa Cianjur," kata dia.

Pewarta: Tri Meilani Ameliya
Editor: Herry Soebanto
Copyright © ANTARA 2023