Kegiatan ini memang langkah kolaborasi dengan saling memberi dukungan tanpa ada terabaikan....
Makassar (ANTARA) - Sekitar 80 pelaku usaha mikro kecil menengah (UMKM) Sulawesi Selatan (Sulsel) mempromosikan produknya pada Makassar International Halal Trade and Bussiness (Mihrab) Expo yang digelar 4-6 Juni 2023 di Makassar.

Kegiatan ini digelar oleh Ikatan Saudagar Muslim Indonesia (ISMI) sebagai rangkaian Mihrab Submmit & Expo 2023. Perdana dilaksanakan di Kota Makassar, giat silaturahmi bisnis internasional ini menggaungkan "Makassar is the world's gate of halal products".

Salah satu pelaku UMKM yang menjajakan produk dari rumah industri PT Bunly Abadi Bersama Lily Nuryah di Mihrab Expo 2023 Makassar, Selasa, mengapresiasi pameran yang menghadirkan berbagai pengunjung dari luar Sulsel tersebut,

Apalagi sejumlah pengunjung yang hadir bukan hanya dari Indonesia, tapi juga dari luar negeri.

"Kegiatan ini memberikan kami peluang untuk memperkenalkan produk kami secara lebih luas, hingga dikirim sebagai produk ekspor ke luar negeri," kata dia lagi.

Seorang pengusaha dari Mesir bernama Hassan Haggag berkunjung ke gerai UMKM binaan Bank Indonesia tersebut.

Hassan sempat mencoba dan turut membeli produk olahan kacang mete milik Lily Nuryah. Bahkan dalam proses pemasaran produknya itu, Hassan sempat menjajaki pula kerja sama dengan permintaan satu kontainer dikirim ke Egypt, Mesir.

"Dia minta satu kontainer dengan trade 320. Insya Allah kami bisa (menyediakan dan mengirim)," kata Lily, sapaan Lily Nuryah.

Pameran serupa memang diakui Lily kerap kali membuka kesempatan baginya untuk bisa memperkenalkan produknya hingga ke mancanegara.

Ketua Panitia Muhammad Yasin Azis pada pembukaan Mihrab Expo 2023 di Makassar, mengatakan bahwa kegiatan ini merupakan silaturahmi para pelaku bisnis Muslim yang bukan hanya dari Indonesia, namun juga sejumlah negara tetangga, seperti Thailand, Malaysia, hingga Mesir.

"Kegiatan ini memang langkah kolaborasi dengan saling memberi dukungan tanpa ada terabaikan, jadi semua merasa beruntung dan diuntungkan, khususnya pelaku UMKM kita di Makassar," ujar Yasin.

Menurut Bendahara ISMI Sulsel ini, kegiatan Mihrab Expo 2023 menjadi pembuka dari segala bentuk bisnis yang bukan hanya menyentuh usaha, namun turut mengoptimalkan potensi sumber daya alam (SDA) yang ada di Sulsel secara khusus dan Indonesia secara umum.

Kegiatan yang digelar selama tiga hari itu akan diisi sejumlah acara, seperti Beauty Class oleh Wardah Cosmetics, Talk Show Solusi Cerdas Transaksi Digital oleh Qris, Talk Show Sertifikat Halal Gratis untuk UMKM.

Selain itu, juga akan ada talk show khusus dengan tema produk kreatif bernilai ekonomi tinggi yang berhasil menembus pasar internasional. Acara ini akan dihadiri oleh tiga pembicara ahli, yaitu pendiri dan CEO Minara Diah Saraswati, pemilik Beda Bolong Tenri Sau, dan pemilik UKM Kelapana Amanjie Rahaman.

Selain berbagai kegiatan menarik ini, peserta juga berkesempatan untuk membuat sertifikat Halal, sertifikat PIRT, dan sertifikat NIB secara gratis.
Baca juga: Wapres Ma'ruf berharap saudagar Muslim jadi pengusaha jujur
Baca juga: Genjot ekonomi, ISMI kembangkan tanaman bawang merah di Aceh Barat

 
Seorang pengusaha asal Mesir saat mengunjungi gerai Lily Nuryah yang memiliki produk olahan mete pada Mihrab Expo 2023 yang digelar oleh ISMI, di Makassar, Sulsel, Selasa (4/6/2023). ANTARA/Nur Suhra Wardyah

Pewarta: Nur Suhra Wardyah
Editor: Budisantoso Budiman
Copyright © ANTARA 2023