Sentani (ANTARA) - Kepala Dinas Pariwisata dan ekonomi kreatif (Disparekraf) Kabupaten Jayapura, Papua Ted Mokay mengatakan bahwa ada 250 penari dari 10 kampung pada daerah tersebut yang membawakan tari Isosolo di atas perahu pada pembukaan Festival Danau Sentani (FDS) XIII.

Ted Mokay di Sentani, Rabu, mengatakan bahwa tari Isosolo menjadi ikon pada pembukaan Festival Danau Sentani (FDS) XIII tahun  ini.

"Tarian ini merupakan ikon kita pada pembukaan FDS 5 Juli 2023, akan dibawakan oleh perwakilan dari 10 kampung di Kabupaten Jayapura," katanya.

Menurut Ted, 10 kampung tersebut terbagi atas dua dari Distrik Sentani Timur dan delapan dari Distrik Sentani pada Kabupaten Jayapura.

"Kami minta perwakilan dari masing-masing kampung sebanyak 25 penari jadi keseluruhannya ada 250 orang," ujarnya.

Dia menjelaskan tari Isosolo ini merupakan aksi menari di atas perahu yang menjadi ciri khas suku Sentani di Kabupaten Jayapura.

"Tari Isosolo melambangkan kerukunan antarsuku, ini merupakan tradisi masyarakat suku Sentani dan dilakukan dari satu kempung ke kampung lainnya," katanya.

Dia menambahkan FDS XIII  dibuka langsung oleh Menteri Pariwisata dan Ekonomi Kreatif RI Sandiaga Salahudin Uno pada 5 Juli 2023 di Khalkote, Kampung Asey Besar, Distrik Sentani Timur.

"Segala persiapan menjelang FDS telah kami maksimalkan, guna sukseskan agenda tahun ini semoga semua berjalan lancar sesuai agenda," ujarnya lagi.


Baca juga: Sandiaga Uno luncurkan TIC di Bandara Sentani
Baca juga: Tarian "Isosolo" dari Papua pukau penonton Pesta Kesenian Bali

Pewarta: Agustina Estevani Janggo
Editor: Triono Subagyo
Copyright © ANTARA 2023