Akibat cuaca ekstrem, hujan dengan intensitas sedang hingga lebat yang terjadi menyebabkan sejumlah wilayah terjadi tanah longsor dan banjir
Kota Bengkulu (ANTARA) - Badan Penanggulangan Bencana Daerah (BPBD) Kabupaten Bengkulu Utara mencatat hingga saat ini lima desa di wilayah tersebut terendam banjir dengan ketinggian dua hingga tiga meter dan terjadi tanah longsor.

Untuk desa yang terjadi tanah longsor yaitu Desa Lubuk Gading Kecamatan TAP dan Desa Tebat Pacur Kecamatan Kerkap. Sedangkan untuk desa yang terendam banjir yaitu Desa Tanjung Agung dan Desa Alun Dua di Kecamatan TAP, serta Desa Tanjung Putus Kecamatan kerkap.
 
"Akibat cuaca ekstrem, hujan dengan intensitas sedang hingga lebat yang terjadi menyebabkan sejumlah wilayah terjadi tanah longsor dan banjir," kata Kepala BPBD Kabupaten Bengkulu Utara Eka Hendri saat dikonfirmasi, Rabu.
 
Pihaknya masih melakukan pendataan terkait jumlah rumah warga yang terendam banjir dan belum ada korban jiwa atas kejadian tersebut.
 
Selain itu hingga saat ini hujan dengan intensitas sedang hingga lebat masih terjadi di Kabupaten Bengkulu Utara dan TRC BPBD Bengkulu telah menurunkan dua tim menuju lokasi, kemudian berkoordinasi dengan pihak desa, kecamatan, Polres Bengkulu Utara, serta Kodim 0423 Bengkulu Utara.

Baca juga: BPBD: Lima kota/kabupaten di Bengkulu terdampak banjir
 
Hendri menerangkan banjir dan tanah longsor terjadi karena hujan dua hari berturut-turut di kabupaten itu, sehingga menutup akses jalan di Desa Lubuk Gading dan di Desa Tebat Pacur.
 
Sebelumnya Badan Meteorologi, Klimatologi dan Geofisika (BMKG) Bengkulu mengimbau agar seluruh masyarakat untuk waspada terhadap cuaca buruk seperti hujan dengan intensitas lebat dan angin kencang akan yang terjadi beberapa hari ke depan.
 
"Untuk masyarakat Bengkulu diharapkan untuk tetap waspada dalam berkendara atau beraktivitas di luar rumah saat terjadi cuaca signifikan," sebut Koordinator Data dan Informasi BMKG Stasiun Klimatologi Pulau Baai Bengkulu, Anang Anwar.
 
Ia mengatakan  sejumlah wilayah di Provinsi Bengkulu berpotensi  hujan dengan intensitas sedang hingga lebat yang disertai dengan petir dan angin kencang.
 
Untuk wilayah yang berpotensi terjadi cuaca buruk beberapa hari ke depan yaitu Kabupaten Mukomuko, Kabupaten Bengkulu Utara, Kabupaten Lebong, Kabupaten Rejang Lebong. Kemudian Kabupaten Kepahiang, Kabupaten Bengkulu Tengah, Kota Bengkulu, Kabupaten Seluma, Kabupaten Bengkulu Selatan, dan Kabupaten Kaur.

Baca juga: BMKG: Hujan sedang hingga lebat berpotensi terjadi di RI pada 1-5 Juli

Pewarta: Anggi Mayasari
Editor: Risbiani Fardaniah
Copyright © ANTARA 2023