Jambi (ANTARA) - Dinas Pemuda dan Olahraga Provinsi Jambi mengirimkan dua mahasiswa ke Singapura dan Australia untuk mengikuti program Pertukaran Pemuda Antara-Negara (PPAN) 2023.

"Pada tahun ini dari Provinsi Jambi ada dua peserta yang dikirimkan untuk mengikuti program pertukaran pemuda ke Singapura dan Australia," kata Kepala Seksi Kepemimpinan, Kepeloporan, dan Kemitraan Pemuda Dinas Pemuda dan Olahraga (Dispora) Provinsi Jambi Syahrul Hanafi di Jambi, Kamis.

Baca juga: Ribuan calon mahasiswa baru ikuti seleksi jalur Mandiri masuk Unja

Ia mengatakan satu mahasiswa perwakilan Jambi ke Singapura akan berangkat pada pertengahan Juli 2023, sedangkan satu mahasiswa perwakilan Jambi ke Australia akan berangkat pada November 2023.

"Dengan pertukaran pemuda itu, dua mahasiswa perwakilan dari Provinsi Jambi bisa memperkenalkan daerah dan budayanya ke negara yang dituju agar lebih dikenal negara luar," katanya.

Baca juga: Unja beri kesempatan mahasiswa ikuti program MBKM Ferienjob di Jerman

Dari program ini, Syahrul berharap para perwakilan terpilih bisa menjadi inspirator bagi pemuda-pemudi di Jambi serta dapat mengimplementasikan ilmu yang didapat selama program tersebut ketika kembali di daerah asal.

Program PPAN ini, kata dia, menjadi wadah bagi putra dan putri Jambi untuk meningkatkan kemampuan dan kompetisi diri. Ia berharap pada tahun depan semakin banyak pemuda dari Jambi yang dapat mengikuti program ini.

Baca juga: Unja siap terima 10 mahasiswa internasional dari ASEAN

Syahrul menegaskan program kepemudaan seperti PPAN menjadi upaya investasi sektor sumber daya manusia (SDM) yang unggul, berkompeten, dan memiliki pengalaman.

Proses seleksi PPAN 2023 sudah dilakukan sejak Februari 2023 lalu, saat ini dua mahasiswa perwakilan Jambi sudah terpilih yaitu Grace Martini dan Muhammad Zikril Pratama. Keduanya merupakan mahasiswa Universitas Jambi (Unja).
 

Pewarta: Tuyani
Editor: Bambang Sutopo Hadi
Copyright © ANTARA 2023