total haji yang sudah dipulangkan ke daerahnya masing-masing sebanyak 2.153 orang
Boyolali (ANTARA) - Panitia Penyelenggara Ibadah Haji (PPIH) Debarkasi Solo telah memulangkan jamaah haji asal Jawa Tengah sebanyak enam kloter, hingga hari kedua masa pemulangan ke daerahnya masing-masing.

"PPIH Debarkasi Solo masa pemulangan hari kedua ini, telah memulangkan jamaah haji asal Jateng tiga kloter yakni kloter 4 pada pukul 02.20 WIB, kloter 5 pukul 07.20 dan kloter 6 pukul 15.35 WIB, yang ketiganya asal Kabupaten Demak Jateng," kata Humas PPIH Debarkasi Solo Gentur Rama Indriyadi, di Asrama Haji Donohudan Boyolali, Kamis.

Gentur menyampaikan kedatangan rombongan jamaah haji asal Demak kloter 6 terakhir telah mendarat di Bandara Adi Soemarmo di Boyolali, Jateng, pada pukul 15.35 WIB, Haji kloter 6 ini, sesuai jadwal akan tiba pukul 16.25 WIB tetapi waktunya maju sekitar 55 menit dari jadwal semula.

"Jamaah haji kloter 6 sebanyak 358 orang sehingga total haji yang sudah dipulangkan ke daerahnya masing-masing sebanyak 2.153 orang dari total yang diberangkatkan ke Tanah Suci, tahun ini, 35.327 orang yang terdiri atas 31.998 orang asal Jateng dan 3.229 orang asal D.I. Yogyakarta," katanya.

Sedangkan, jumlah jamaah haji Debarkasi Solo yang meninggal dunia dilaporkan hingga Kamis, pukul 15.30 WIB, sebanyak 62 orang dan yang sakit dirawat di rumah sakit ada 58 orang.

Baca juga: Wakil Gubernur: Pelayanan jamaah haji di Debarkasi Solo sudah baik
Baca juga: Jamaah haji kloter pertama Debarkasi Solo tiba di Asrama Haji Boyolali


Sementara itu, jamaah haji yang meninggal dunia terakhir dilaporkan satu orang atas nama, Muh Badrudin Sanreja (80), warga Sibalung RT 002/004 Kabupaten Banyumas Jateng tergabung kloter 76.

Jamaah haji ini, dilaporkan meninggal dunia di Rumah Sakit Arab Saudi (RSAS), Rabu (5/7), sekitar pukul 10,30 WAS, karena Septic Shock. Jenazahnya sudah dimakamkan di tempat pemakaman umum Sharae Arab Saudi.

Sementara itu, PPIH Debarkasi Solo, jadwal masa pemulangan jamaah haji dari Arab Saudi ke Tanah Air, pada Jumat (7/7), ada tiga kloter yakni kloter 7 asal Demak, kloter 8 asal gabungan Demak dan Kota Semarang, dan kloter 9 asal Kota Semarang.

Jamaah haji kloter 7 asal Demak dijadwalkan mendarat di Bandara Adi Soemarmo, pada pukul 01.00 WIB, kemudian disusul kloter 8 pukul 12.50 WIB dan kloter 9 pukul 17.15 WIB.

Seperti biasa kedatangan jamaah haji langsung dijemput dengan bus dari bandara menuju Asrama Haji Donohudan Boyolali. Jamaah haji kemudian diterima di Gedung Muzdalifah untuk acara serah terima dari PPIH Debarkasi Solo kepada petugas daerah untuk dipulangkan ke daerahnya masing-masing. 

Baca juga: Jamaah haji kloter dua tiba di Aceh, dua orang tertunda karena sakit
Baca juga: Satu haji Sulsel wafat, jumlah meninggal Embarkasi Makassar 23 orang
Baca juga: Penyambutan haji lansia diprioritaskan di PPIH Debarkasi Batam

 

Pewarta: Bambang Dwi Marwoto
Editor: Budhi Santoso
Copyright © ANTARA 2023