Medan (ANTARA) - Sekretaris Daerah Provinsi Sumatera Utara, Arief S Trinugroho mengungkapkan saat ini Provinsi Sumut memiliki tujuh megaproyek investasi yang siap ditawarkan kepada investor.

"Ada tujuh proyek investasi yang siap kita tawarkan ke investor, tiga di antaranya merupakan proyek strategis nasional, dan masih ada potensi investasi lain di kabupten/kota yang dapat kita digali dan dikembangkan menjadi proyek investasi yang siap ditawarkan kepada calon investor potensial," ujar Arief S Trinugroho saat membuka North Sumatra Invest (NSI) Gathering dan Capacity Building, NSI Promotion Forum, di Medan, Kamis.

Arief S Trinugroho menjelaskan untuk meningkatkan iklim investasi dan mendukung pertumbuhan ekonomi, Pemprov Sumut telah mengeluarkan Peraturan Daerah (Perda) Nomor 3 Tahun 2023 tentang Pemberian Insentif dan Kemudahan Investasi.

"Perda ini diharapkan bisa meningkatkan iklim investasi di Sumut sesuai yang ditetapkan BKPM/Kementerian Investasi RI di tahun 2023 ini," kata Arief.

Oleh karena itu, ia berharap NSI Forum bisa menggali potensi investasi daerah di kabupaten/kota se-Sumut, yang berorientasi kepada pengembangan potensi unggulan daerah, dari potensi investasi lokal, nasional hingga internasional.

"Sehingga laju pertumbuhan ekonomi Sumut yang triwulan I sebesar 4,87 persen (yoy) bisa terus tumbuh dan berkembang," tuturnya.

Adapun tujuh megaproyek itu, yakni Toba Caldera Resort, Kawasan Ekonomi Khusus (KEK) Sei Mangkei, Kawasan Industri Kuala Tanjung, Kawasan Industri Medan (KIM), Sport Centre, Airport City dan pembangunan Bus Rapid Transit (BRT) Mebidang.

Deputi Kepala Bank Indonesia (BI) Sumut Yura A Djalins mengatakan NSI Forum ini merupakan langkah Bank Indonesia Sumut bersama Pemprov Sumut untuk lebih mengoptimalkan potensi investasi dan mendukung laju pertumbuhan ekonomi berkelanjutan di wilayah ini.

"Melalui NSI Forum ini kita perkuat koordinasi investasi di daerah, sehingga ini bisa ditindaklanjuti ke tahap konsultasi publik, serta menjadi proyek yang ready to offer bagi investor potensial," ujar Yura


Baca juga: Pemprov undang investor menawarkan peluang unggulan investasi di Sumut

Baca juga: Lima sektor berkontribusi besar dalam investasi di Sumut

Pewarta: Anggi Luthfi Panggabean
Editor: Nurul Aulia Badar
Copyright © ANTARA 2023