Jakarta (ANTARA) - PT Waskita Toll Road (“WTR”) berhasil mencatatkan peningkatan jumlah volume kendaraan yang melintas pada Badan Usaha Jalan Tol (“BUJT”) milik WTR selama libur Idul Adha. Ruas tol yang mengalami peningkatan yang signifikan di antaranya Ruas Tol Pemalang – Batang, Pasuruan – Probolinggo (“Paspro”), Kayu Agung – Palembang – Betung (“Kapal Betung”), Ciawi – Sukabumi (“Bocimi”), dan Krian – Legundi – Bunder (“Krian - Gresik”).
 
Berdasarkan rekapan laporan Lalu Lintas Harian Rata - Rata (“LHR”) periode 28 Juni 2023 hingga 02 Juli 2023, tercatat jumlah kendaraan yang melintasi ruas tol milik WTR selama libur panjang Idul Adha mengalami kenaikan yang signifikan jika dibandingkan dengan volume lalu lintas normal selama bulan Juni 2023. Ruas tol Trans Jawa milik WTR mengalami peningkatan kendaraan yang melintas, di mana ruas Tol Pemalang - Batang mengalami peningkatan signifikan hingga 62%, sedangkan LHR ruas tol Pasuruan – Probolinggo meningkat 33%.

Peningkatan LHR juga terdapat pada ruas tol lainnya, seperti pada Ruas Tol Bocimi terdapat 18% peningkatan kendaraan yang melintas, 7% peningkatan lalu lintas pada ruas tol Krian – Gresik, dan tol Kapal Betung yang mengalami peningkatan hingga 28%.

Direktur Pengendalian & K3LMP WTR, Mokh. Sadali menyampaikan bahwa WTR sebelumnya telah melakukan sejumlah persiapan dalam rangka peningkatan pelayanan jalan tol untuk menyambut libur panjang Idul Adha. Persiapan yang dilakukan antara lain melakukan pemeliharaan jalan, peningkatan kualitas dan estetika di sekitar jalan tol, serta pemberian diskon tarif di pada ruas tol Krian – Gresik. Diskon tarif tol Krian – Gresik tersebut berlaku sejak tanggal 22 Juni 2023 pukul 06.00 WIB dengan diskon tarif berkisar 11% hingga 35% dari tarif normal.

“Selama libur panjang berlangsung, kondisi lalu lintas relatif ramai lancar. Volume lalu lintas di beberapa BUJT juga meningkat. Kami juga berharap beberapa strategi yang sudah dilakukan berupa peningkatan kualitas dan pemeliharan jalan dapat memberikan manfaat yang signifikan bagi para pengguna jalan untuk dapat melakukan perjalanan dengan nyaman dan aman. Saat ini, WTR fokus dalam penyelesaian jalan tol yang masih dalam tahap konstruksi untuk dapat mempersiapkan pengoperasiannya,” ujar Sadali.

Pewarta: PR Wire
Editor: PR Wire
Copyright © ANTARA 2023