Desa harus memiliki kemampuan untuk menetapkan kebutuhan dan membuat skala prioritas dalam penggunaan anggaran desa
Jakarta (ANTARA) - Sekretaris Jenderal (Sekjen) Kementerian Dalam Negeri (Kemendagri) Suhajar Diantoro mengingatkan kepala desa (kades) harus memiliki kualitas kepemimpinan yang baik, seperti mampu membagi tugas dan kewenangan secara baik.

"Kepala desa harus memiliki kualitas kepemimpinan yang baik, haruslah bisa membagi tugas dan membagi kewenangan," kata Suhajar, sebagaimana dikutip dari siaran pers yang diterima di Jakarta, Kamis.

Hal tersebut dia sampaikan saat membuka Sosialisasi Pelatihan Aparatur Desa (PAD) dalam Penegasan dan Penetapan Batas Desa di Jakarta.

Sosialisasi tersebut merupakan bagian dari Program Penguatan Pemerintahan dan Pembangunan Desa (P3PD) yang merupakan kerja sama antara Pemerintah Indonesia dam Bank Dunia. Pelatihan aparatur desa tentang penetapan dan penegasan batas desa itu memiliki target sebanyak 6.204 lokasi dan 25.140 peserta.

Dalam kesempatan yang sama, Suhajar menjelaskan bahwa tujuan dari P3PD itu adalah untuk memperkuat tata kelola pemerintahan desa, kapasitas kelembagaan, dan sistem akuntabilitas yang akan mengarah pada peningkatan kualitas belanja di tingkat desa.

Menurut dia, pemerintah desa harus memiliki kemampuan untuk menetapkan kebutuhan dan menghadirkan skala prioritas dalam penggunaan anggaran.

"Desa harus memiliki kemampuan untuk menetapkan kebutuhan dan membuat skala prioritas dalam penggunaan anggaran desa," kata dia.

Suhajar mengatakan bahwa belanja desa yang sesuai dengan kebutuhan desa dapat memberikan kontribusi terhadap perbaikan kualitas hidup dan kesejahteraan warga desa.

Dengan demikian, lanjut dia, hal itu pun bisa memperkuat kinerja pemerintahan desa yang mengarah pada perbaikan sistem peningkatan kapasitas yang berbasis permintaan dan kebutuhan.

Ia berharap para kepala desa dan aparatur pemerintahan desa yang dilatih nanti dapat mencatat semua materi pelatihan supaya berguna bagi desanya.

Sementara itu, Direktur Jenderal Bina Pemerintahan Desa (Dirjen Bina Pemdes) Kemendagri Eko Prasetyanto Purnomo Putro dalam paparan tertulisnya menyampaikan kegiatan sosialisasi itu bertujuan untuk menyampaikan informasi kepada pemerintah daerah terkait pelaksanaan pelatihan bagi para pelatih dalam P3PD.

Baca juga: Sekjen Kemendagri imbau parpol tak libatkan ASN untuk menangkan pemilu
Baca juga: Sekjen Kemendagri dorong generasi muda jauhi kekerasan

Pewarta: Tri Meilani Ameliya
Editor: D.Dj. Kliwantoro
Copyright © ANTARA 2023