Los Angeles (ANTARA News) - Konduktor Venezuela dan maestro Los Angeles Philharmonic, Gustavo Dudamel, melewatkan sebuah pertunjukan untuk melakukan perjalanan ke Caracas guna menghadiri pemakaman Hugo Chavez, demikian laporan LA Times.

Dudamel - jebolan program orkestra remaja yang dihormati di Venezuela "El Sistema", yang mengutamakan melayani para siswa miskin - mungkin memimpin satu konser terkait dengan pemakaman mendiang Presiden Chavez, kata surat kabar tersebut, seperti yang dikutip oleh AFP.

Konduktor ini juga merupakan Direktur Musik Simon Bolivar Symphony Orchestra, yang berbasis di Caracas.

Dudamel meninggalkan Los Angeles segera setelah penampilannya pada Kamis malam yang mengangkat tema "The Gospel According to the Other May" di Walt Disney Concert Hall, rumah bagi LA Philharmonic.

Grant Gerson, Direktur Artistik LA Master Chorale, akan melakukan pertunjukan Jumat malam, sementara Dudamel diharapkan akan kembali pada waktunya untuk konser berikutnya pada Minggu. Tidak ada acara yang dijadwalkan pada Sabtu.

Dudamel, 32 tahun, telah menjadi direktur musik di LA Philharmonic sejak tahun 2009.

Para pejabat LA Philharmonic mengisyaratkan bahwa Dudamel kemungkinan akan melakukan sesuatu di pemakaman Chavez, namun rinciannya belum diketahui, demikian menurut LA Times.

Seorang juru bicara orkestra LA Philharmonic menolak berkomentar, merujuk AFP untuk menghubungi El Sistema untuk mendapatkan informasi lebih lanjut.

Chavez, yang adalah pendukung vokal El Sistema, meninggal pada usia 58 tahun pada Selasa, setelah pertempuran panjang dengan kanker.


Penerjemah : Askan Krisna

Editor: Heppy Ratna Sari
Copyright © ANTARA 2013