Jakarta (ANTARA) - Cesar Azpilicueta resmi meninggalkan Chelsea setelah 11 musim membela klub Liga Premier Inggris tersebut.

Azpilicueta telah menjadi andalan Chelsea sejak dia tiba dari tim Ligue 1 Olympique de Marseille pada 2012, membuat lebih dari 500 penampilan di semua kompetisi, mencetak 17 gol, memberikan 56 assist dan memenangkan setiap gelar utama bersama klub Inggris itu.

"Sulit untuk mengutarakan perasaan saya, waktu saya di sini sangat luar biasa," kata Azpilicueta dalam video perpisahannya yang diunggah di situs resmi Chelsea, Kamis.

"Saya merasa sudah memberikan segalanya. Saya menyukainya."

Azpilicueta menyebutkan bahwa momen terbaik dalam kariernya adalah memenangkan Liga Champions bersama Chelsea.

"Sudah sangat jelas bahwa momen terbaik dalam karier adalah saat memenangkan Liga Champions di Porto. Trofi pertama saya sebagai kapten."

"Chelsea adalah rumah saya, akan selalu menjadi rumah saya dan saya berharap bisa kembali lagi dengan peran berbeda," katanya.

Baca juga: Mason Mount sebut dirinya tidak masuk dalam rencana-rencana Chelsea

Pemilik Chelsea asal Amerika Serikat, Todd Boehly menyebu​​​​​​​t Cesar Azpilicu​​​​​​​eta adalah legenda klub dan telah meninggalkan jejak abadi di klu​​​​​​​b.

"Cesar meninggalkan jejak abadi di Chelsea, sebagai seorang pejuang, sebagai juara, dan sebagai legenda setia Chelsea," kata pemilik Chelsea Todd Boehly dalam pernyataan di situs resmi klub.

"Dia telah menetapkan standar di klub selama lebih dari satu dekade dan menunjukkan kepada semua orang apa yang harus dilakukan untuk mencapai kesuksesan."

Bek timnas Spanyol berusia 33 tahun itu diperkirakan akan bergabung dengan klub LaLiga Atletico Madrid sebagai pemain bebas transfer setelah Chelsea setuju untuk melepaskannya meski kontraknya masih tersisa 12 bulan lagi.

Bersama Chelsea, Azpilicueta berhasil memenangkan Liga Champions, dua Liga Premier Inggris, dua trofi Liga Europa, Piala FA, Piala Liga, Piala Super UEFA dan Piala Dunia AntarKlub.

Dia menjadi pemain Chelsea terbaru yang yang meninggalkan Stamford Bridge di bursa transfe musim panas ini, termasuk Kalidou Koulibaly, N'Golo Kante dan Edouard Mendy yang semuanya bergabung dengan klub Arab Saudi.

Kai Havertz, Mateo Kovacic dan Mason Mount masing-masing bergabung dengan Arsenal, Manchester City, serta Manchester United.

Sementara itu, Chelsea sejauh ini telah mendatangkan dua pemain baru yaitu Christopher Nkunku, Nicolas Jackson dan juru taktik anyar Mauricio Pochettino.

Baca juga: Brighton resmi datangkan kiper asal Belanda Bart Verbruggen
Baca juga: Newcastle United resmi rampungkan transfer Sandro Tonali dari AC Milan

Pewarta: Hendri Sukma Indrawan
Editor: Irwan Suhirwandi
Copyright © ANTARA 2023