Dari luas lahan sawah yang digarap petani sekitar 1.908 hektare di Aceh Barat, hanya 386 hektare yang bisa bisa ditanami padi
Meulaboh (ANTARA) - Dinas Pertanian, Tanaman Pangan dan Hortikultura Kabupaten Aceh Barat mencatat hanya seluas 386 hektare lahan sawah di daerah tersebut yang bisa digarap oleh petani, akibat musim kemarau yang terjadi sejak beberapa bulan terakhir.

“Dari luas lahan sawah yang digarap petani sekitar 1.908 hektare di Aceh Barat, hanya 386 hektare yang bisa bisa ditanami padi,” kata Kepala Dinas Pertanian, Tanaman Pangan dan Hortikultura Kabupaten Aceh Barat, Safrizal di Meulaboh, Kamis.

Ia mengatakan sedikitnya lahan sawah yang bisa digarap oleh petani di daerah tersebut disebabkan minimnya sumber air, sehingga menyebabkan petani mengalami kekurangan pasokan air ke sawah.

Menurutnya, bantuan pompa air yang sudah didistribusikan ke masyarakat petani di Kabupaten Aceh Barat hingga saat ini belum mampu mengatasi kekurangan air di sawah milik petani di daerah tersebut.

Baca juga: Pemkab Aceh Barat siapkan pompa air atasi 1.521,5 Ha sawah kekeringan

Ada pun kecamatan yang saat ini bisa digarap oleh petani untuk ditanami padi di Aceh Barat, kata dia, diantaranya di Kecamatan Johan Pahlawan dari 361 hektare lahan yang tersedia, hanya 122 hektare garapan. Itu pun lahan yang ditanami hanya 25 hektare dan lahan garapan yang tidak ditanami 97 hektare.

Selain itu Kecamatan Kaway XVI yang luas lahan sawah mencapai 2.177 hektare dan lahan yang digarap hanya seluas 94 hektare namun lahan yang ditanami hanya 12 hektare.  Demikian pula dengan Kecamatan Samatiga yang memiliki luas sawah 1.021 hektare, lahan yang digarap seluas 60 hektare dan hanya  8 hektare yang bisa ditanami. 

Kecamatan Woyla yang memiliki lahan sawah 1.161 hektare dengan lahan yang digarap seluas 100 hektare,  kata dia, semua lahan garapan tidak bisa ditanami. 

Kondisi serupa, menurut Safrizal, juga terjadi di kecamatan lainnya, termasuk Kecamatan Sungai Mas yang memiliki luas lahan sawah 215 hektare, namun di daerah ini tidak memiliki sawah yang bisa digarap serta tidak ditanami.

Baca juga: DLHK: 60 ha sawah di Aceh Barat kehilangan sumber air akibat tambang
Baca juga: Sawah sudah dibajak, namun 4.000 hektare gagal tanam di Aceh Barat

Pewarta: Teuku Dedi Iskandar
Editor: Risbiani Fardaniah
Copyright © ANTARA 2023