Meksiko City (ANTARA News) - Bank sentral Meksiko memangkas suku bunga pinjaman acuannya sebesar 50 basis poin pada Jumat menjadi 4,0 persen, untuk pertama kalinya dalam hampir empat tahun.

Penurunan suku bunga dilakukan karena inflasi terkendali dan bank ingin menyesuaikan dengan skenario pertumbuhan ekonomi yang lebih rendah, kata bank.

Pengurangan tingkat suku bunga bank sentral yang dikenakan bagi pinjaman "overnight" bank-bank komersial itu menandai dimulainya siklus pemotongan suku bunga, bank sentral Meksiko (BoM) mengatakan dalam sebuah pernyataan.

Meksiko mengakhiri 2012 dengan inflasi sebesar 3,57 persen. Untuk tahun ini target inflasinya sekitar 3,0 persen. Pada Februari, inflasi berjalan pada tingkat tahunan sebesar 3,55 persen.

Perekonomian dunia terus menunjukkan tanda-tanda pelemahan dan untuk jangka pendek berisiko bagi Meksiko, termasuk dampak dari pemotongan otomatis pengeluaran pemerintah Amerika Serikat sebesar 85 miliar dolar AS yang mulai berlaku tahun fiskal ini, kata bank.

Suku bunga acuan bank sentral Meksiko sudah sebesar 4,5 persen sejak Juli 2009, demikian AFP.

(A026)

Editor: Tasrief Tarmizi
Copyright © ANTARA 2013