Jakarta (ANTARA) - Kedutaan Besar RI di Bandar Seri Begawan terus mendukung dan mendorong kerja sama di bidang pendidikan, termasuk implementasi kesepakatan kerja sama institusi pendidikan, antara Indonesia dan Brunei Darussalam.

Salah satu implementasi dari dukungan itu adalah kunjungan delegasi Sekolah Dasar Bawamai Pontianak yang berjumlah 40 orang dan terdiri atas kepala sekolah, guru, staf dan siswa ke Brunei Darussalam pada 6-8 Juli.

“Saya mencatat sudah ada beberapa kali saling berkunjung para guru dari kedua negara, seperti kali ini. Artinya, kerja sama pendidikan antar kedua negara berjalan dengan sangat erat dan saya sangat berharap setiap kunjungan memberikan manfaat nyata bagi dunia pendidikan Indonesia”, kata Kuasa Usaha ad interim KBRI Bandar Seri Begawan Irwan Iding dalam keterangan tertulis di Jakarta, Sabtu.

Irwan menyambut baik dan mengapresiasi upaya yang dilakukan SD Bawamai Pontianak untuk meningkatkan kerja sama pendidikan.

Hal senada juga disampaikan Kepala Sekolah SD Bawamai Pontianak Hatta Abdulhaji. “Tujuan kedatangan kami ke Brunei ini agar dapat memberikan dan menambah wawasan, pengalaman yang berdampak positif bagi sekolah maupun murid-murid di Indonesia”, kata Hatta.

Indonesia dan Brunei Darussalam memiliki kerja sama pendidikan yang erat, salah satunya kerja sama antara Persekutuan Guru-Guru Melayu Brunei (PGGMB) dan Persatuan Guru Republik Indonesia (PGRI) yang sudah terjalin lama.

Dua organisasi guru tersebut kerap terlibat dalam pertemuan seperti Pertemuan Guru Nusantara dan Konvensi Dewan Guru ASEAN (ACT).

Selain bertemu dengan Kuasa Usaha ad interim KBRI Bandar Seri Begawan dan berkunjung ke PGGMB di Bandar Seri Begawan, delegasi juga bertemu dengan Ketua PGGMB Haji Jamal dan wakil PGGMB Haji Badar untuk membicarakan upaya-upaya demi kemajuan sekolah masing-masing.

Selama berada di Brunei, delegasi berkesempatan mengunjungi Sekolah PGGMB di Sungai Akar dan melihat secara lebih dekat sistem dan suasana belajar mengajar di sekolah tersebut.

Mereka juga mengunjungi sejumlah tempat menarik di Brunei, seperti Istana Nurul Iman, Masjid Jame ‘Asr Hassanil Bolkiah, Masjid Omar Ali Saifuddin, dan Museum Alat Kebesaran Diraja.

Baca juga: Brunei studi banding soal "maritime single window" di Indonesia

Baca juga: KBRI Bandar Seri Begawan promosikan kuliner Indonesia

Pewarta: Asri Mayang Sari
Editor: Yuni Arisandy Sinaga
Copyright © ANTARA 2023