Jakarta (ANTARA) - Dewa United mencuri tiga poin di kandang PSM Makassar usai menang dengan skor 2-1 pada pekan kedua Liga 1 Indonesia 2023/2024 di Stadion Gelora BJ Habibie, Parepare, Sabtu sore.

Pada pertandingan ini PSM Makassar sebenarnya unggul terlebih dahulu melalui Kenzo Nambu, namun Dewa United dapat bangkit sekaligus membalikkan keadaan berkat gol Dimitris Kolovos dan Alex Martins, demikian catatan Liga Indonesia.

Kemenangan ini mengantarkan Dewa United menduduki posisi pertama klasemen sementara Liga 1 Indonesia dengan torehan enam poin dari dua laga, sedangkan PSM Makassar tertahan di peringkat 11 dengan raihan dua poin.

Hasil ini turut membuat Dewa United menjadi tim pertama yang mengalahkan PSM Makassar di Stadion Gelora BJ Habibie setelah selama Liga 1 musim lalu Juku Eja tercatat tidak pernah merasakan kekalahan.

PSM Makassar tercatat tampil dominan pada pertandingan ini dengan mencatatkan 53 persen penguasaan bola dan melepaskan empat tendangan yang tiga di antaranya tepat sasaran, namun Dewa United mampu tampil efektif memanfaatkan peluang yang ada.

Skuad asuhan Bernardo Tavares langsung mengambil inisiatif menyerang dan berhasil unggul terlebih dahulu pada menit ke-19 melalui gol yang dicetak oleh Kenzo Nambu sehingga skor berubah menjadi 1-0.

Pada sisa waktu babak pertama, PSM tercatat beberapa kali memberikan ancaman kepada lini pertahanan Dewa United, namun hingga turun minum skor 1-0 tetap bertahan.

Baca juga: PSSI: Liga 1 tetap berjalan saat Piala AFF U-23 dan Asian Games 2022

Pada babak kedua, Dewa United berupaya untuk mencari gol penyeimbang dan membuahkan hasil pada menit ke-48 melalui gol yang dicetak oleh gelandang asal Yunani Dimitris Kolovos.

Berawal dari umpan yang dikirimkan oleh Ady Setiawan, Kolovos mampu memaksimalkannya menjadi gol sehingga skor berubah menjadi 1-1.

PSM tidak tinggal diam dan berusaha untuk kembali unggul, salah satunya melalui upaya pemain pengganti Adilson Silva, namun sundulannya masih melambung di atas mistar gawang Dewa United.

Menjelang waktu tambahan babak kedua, PSM harus bermain dengan 10 pemain setelah Erwin Gutawa mendapatkan kartu merah langsung dari wasit.

Keunggulan jumlah pemain benar-benar dimanfaatkan oleh Dewa United yang berhasil berbalik unggul pada menit ke-90+3 melalui sundulan Alex Martins memanfaatkan umpan silang Nasir sehingga skor berubah menjadi 2-1. Skor tersebut bertahan hingga laga usai.

Selanjutnya pada pekan ketiga Liga 1 Indonesia, PSM Makassar akan bertandang ke markas Persikabo 1973, Jumat (14/7), sedangkan Dewa United akan melawat ke markas Persib Bandung, di hari yang sama.

Baca juga: Arema FC bermain imbang 3-3 lawan Persib Bandung
Baca juga: PSS Sleman bermain imbang 2-2 kontra Persis Solo

Pewarta: Aldi Sultan
Editor: Eka Arifa Rusqiyati
Copyright © ANTARA 2023