telah disiapkan rambu-rambu bahaya seperti zona larangan berenang bagi wisatawan karena gelombang laut yang tinggi dan membahayakan jiwa manusia.
Pangandaran (ANTARA) - Satuan Polisi Air dan Udara (Satpolairud) Polres Pangandaran mengingatkan wisatawan saat musim libur sekolah untuk mematuhi rambu-rambu di kawasan Pantai Pangandaran, Jawa Barat, agar terhindar dari kecelakaan laut seperti tenggelam maupun terseret ombak.

"Wisatawan ikuti rambu-rambu keselamatan dan imbauan atau petunjuk petugas jaga pantai," kata Kepala Satpolairud Polres Pangandaran AKP Sugianto saat dihubungi melalui telepon seluler, Sabtu.

Ia menuturkan Pantai Pangandaran saat momentum libur seperti liburan sekolah selalu ramai dikunjungi wisatawan dari berbagai daerah yang sebagian besar mereka beraktivitas di pantai.

Adanya potensi bahaya di tempat wisata pantai, kata dia, maka telah disiapkan rambu-rambu bahaya seperti zona larangan berenang bagi wisatawan karena gelombang laut yang tinggi dan membahayakan jiwa manusia.

"Wisatawan tidak berenang terlalu jauh ke tengah dan gunakan alat bantu keselamatan saat berenang," katanya.

Ia menyampaikan selama dua pekan musim libur Idul Adha dan libur sekolah sudah ada sejumlah kejadian kecelakaan laut yang menyeret wisatawan ke tengah lautan saat berenang di pantai.

Dalam kejadian di pantai itu, kata dia, sebanyak tujuh orang berhasil diselamatkan, dan lima kejadian kecelakaan laut lainnya menelan korban jiwa.

"Lima kejadian, empat orang akibat laka laut, satu temu mayat, dan satu lagi karena sakit, yang di zona hanya satu kejadian," katanya.

Ia menyampaikan sejak beberapa hari ke belakang kondisi cuaca di Pantai Pangandaran seringkali hujan dan gelombang laut tinggi, sehingga menjadi perhatian semua pihak, terutama wisatawan untuk selalu waspada dalam kondisi cuaca seperti itu.

Kondisi wisata pantai di Kabupaten Pangandaran saat libur akhir pekan ramai oleh wisatawan yang datang dari berbagai daerah.
Baca juga: Tim SAR cari seorang wisatawan yang hilang di Pantai Pangandaran
Baca juga: Tim SAR temukan seorang remaja yang hilang di laut Pangandaran
Baca juga: Tim SAR temukan seorang remaja yang hilang di laut Pangandaran


 

Pewarta: Feri Purnama
Editor: Muhammad Yusuf
Copyright © ANTARA 2023