“Tidak ada kasus berat yang harus kami rujuk karena semunya dapat ditangani langsung dengan cepat dan baik oleh petugas jaga,”
Sentani (ANTARA) - Dinas Kesehatan Kabupaten Jayapura, Papua mencatat selama pelaksanaan Festival Danau Sentani telah melayani 21 orang pasien di posko layanan kesehatan.

Kepala Bidang Layanan Kesehatan drg Edi Kurniawan di Sentani, Sabtu mengatakan pelaksanaan Festival Danau Sentani berlangsung 5-7 Juli 2023 di kawasan wisata Pantai Khalkote di Kampung Asey Besar Distrik Sentani Timur.

“Selama tiga hari pelaksanaan Festival Danau Sentani tim kesehatan melayani 21 orang pasien yang di dominasi oleh pasien infeksi saluran pernafasan,” katanya.

Menurut Edi, pasien terbagi atas 10 orang laki-laki dan 11 perempuan dengan kasus tertinggi yang dilayani yakni infeksi saluran pernafasan sebanyak lima orang atau 25 persen.

“Kami juga menangani kasus pusing (dizzines) tiga orang, luka robek (vulnus laceratum) dua orang, luka lecet (vulnus excoriatum) dua orang, radang gusi (gingivitis) dua orang, demam (febris) satu orang, dan vertigo satu orang,” ujarnya.

Dia menjelaskan, dari semua kasus yang ditangani tidak ada yang harus dirujuk atau mendapatkan penanganan intensif karena dapat dilayani oleh petugas pada posko kesehatan.

“Tidak ada kasus berat yang harus kami rujuk karena semunya dapat ditangani langsung dengan cepat dan baik oleh petugas jaga,” katanya lagi.

Dia menambahkan selama pelaksanaan Festival Danau Sentani tim dari Dinas Kesehatan telah dipersiapkan khusus untuk mengantisipasi kasus gangguan kesehatan.

“Selama penyelenggaraan semua berjalan baik, tidak ada pasien dengan keluhan berat dan proses layanan juga berjalan lancar,” ujarnya lagi.

Baca juga: Menparekraf puji Festival Danau Sentani, pastikan masuk KEN 2024
Baca juga: Menparekraf: Festival Danau Sentani angkat potensi wisata Jayapura
Baca juga: Dinkes Jayapura siagakan tim PCS 119 di Festival Danau Sentani 2023


Pewarta: Agustina Estevani Janggo
Editor: Muhammad Yusuf
Copyright © ANTARA 2023