Balikpapan (ANTARA) - Program pengolahan dan pengelolaan sampah oleh warga yang didampingi Pertamina unit Depot Pengisian Bahan Bakar Pesawat Udara (DPPU) Sepinggan, Kalimantan Timur, mendapat penghargaan Asia Responsible Enterprise Award (AREA) untuk kategori penguatan sosial.

“Programnya kami namakan 'Yuk Kawal IKN' sebagai singkatan dari Yuk Ikut Kolaborasi Nyata,” kata Kepala Operasi DPPU Sepinggan, Dimas Bagus Satriyo Wibowo, di Balikpapan, Sabtu.

Dimas menerima penghargaan tersebut dalam acara di Phnom Penh, Kamboja, pada Jumat (30/6).

Dimas menuturkan, program Yuk Kawal IKN menjadikan kolaborasi nyata masyarakat dengan Pertamina dalam menjaga kebersihan lingkungan sekaligus juga kembali memberi manfaat pada sampah.

Sekilas program ini mirip bank sampah, di mana warga menabung dengan mengumpulkan sampah dan dibayar atau dicatatkan di rekening warga yang bersangkutan. Di program itu sebagai kompensasi sampah yang dikumpulkan dan diolah warga bisa berbentuk beras.

Baca juga: UMKM wanita binaan Pertamina produksi tenun dari sampah plastik
Baca juga: Pertamina kumpulkan 3,2 ton sampah dari Pantai Dumai dan Bengkalis


Asia Responsible Enterprise Award (AREA) merupakan salah satu program dari Enterprise Asia, suatu organisasi non pemerintah internasional. Enterprise Asia bekerja sama dengan pemerintah, LSM, dan organisasi lain untuk mempromosikan daya saing dan pengembangan kewirausahaan yang berkelanjutan untuk mengangkat status ekonomi masyarakat di seluruh Asia.

Ajang penghargaan tersebut diikuti oleh lebih dari 19 negara dengan 8 kategori penghargaan yaitu Responsible Business Partnership, Green Leadership, Social Empowerment, Corporate Governance, Circular Economy Leadership, Investment in people, Health Promotion dan Corporate Sustainibilty Reporting.

Pada kesempatan terpisah Humas Pertamina Patra Niaga Regional Kalimantan, Arya Yusa Dwicandra, mengungkapkan bahwa apresiasi ini merupakan amanah bagi Pertamina Patra Niaga dalam pelaksanaan program Tanggung Jawab Sosial dan Lingkungan.

“Ada empat bidang dari program Tanggung Jawab Sosial dan Lingkungan tersebut, yaitu bidang Pendidikan, Kesehatan, Lingkungan, dan Kemandirian. PT Pertamina Patra Niaga akan terus berupaya meningkatkan peran di empat bidang tersebut untuk masyarakat di sekitar wilayah operasi kami,” demikian Arya.

Baca juga: Pertamina Balongan hasilkan 1 ton sampah saat bersih-bersih pantai
Baca juga: Pertamina Dumai ajak masyarakat bersihkan pantai dari polusi plastik
Baca juga: Bank sampah binaan PHR-Unilak raih penghargaan peduli lingkungan


Pewarta: Novi Abdi
Editor: Budhi Santoso
Copyright © ANTARA 2023