Jakarta (ANTARA) - Dalam laporan terbaru yang dirilis oleh firma riset Omdia, iPad Pro dengan layar OLED dikabarkan akan dirilis di 2024.

Kabar itu menguatkan beberapa kali bocoran bahwa Apple memang tengah menggodok keputusan menghadirkan kecanggihan layar OLED di lini tablet-nya.

Dikutip dari GSM Arena, Minggu, meski keputusan Apple mengadopsi OLED ke tablet dan PC-nya terasa lambat. Saat ini baru dua produk yang menggunakan OLED, yakni iPhone dan Apple Watch.

Lini iPad Pro yang menggunakan layar OLED akan hadir dalam pilihan ukuran, yaitu 11 inci dan 13 inci. Produksi model tersebut diperkirakan dimulai pada kuartal pertama tahun depan.

Baca juga: Samsung dan LG akan produksi panel OLED "hybrid" untuk iPad Pro 2024

Riset tersebut mengklaim bahwa Apple sedang merencanakan panel OLED multi-crystalline oxide (LTPO) suhu rendah. Substrat itu bisa dibilang merupakan puncak dari teknologi OLED di masa kini.

Itu artinya secara mengejutkan menunjukkan bahwa perusahaan yang berbasis di Cupertino tersebut kemungkinan akan menggunakan OLED kelas atas untuk tabletnya. Keputusan itu dinilai masuk akal, mengingat iPad Pro merupakan lini premium dari Apple.

Dari Panel LCD Mini LED yang sudah digunakan di beberapa model iPad Pro saja, Apple sudah mewakili standar terbaik yang ditawarkan dunia LCD.

Apple cenderung banyak berinvestasi pada kualitas tampilan layarnya. Apabila beralih ke OLED, Apple akan memberikan pengalaman premium yang ditingkatkan bagi penggunanya, mulai dari kontrol cahaya yang lebih baik, serta hasil warna kontras yang bisa lebih optimal.

Efisiensi daya juga berpotensi didapatkan saat menjajal kecerahan yang lebih tinggi karena teknologi LTPO mampu melakukan penyesuaian refresh rate tampilan yang sangat dinamis.

Selain kabar mengenai iPad Pro OLED, riset yang sama menyebutkan MacBook dengan OLED  juga akan dirilis pada akhir 2024 jika tidak ada perubahan keputusan dari Apple. Jika ada perubahan, maka peluncuran gawai itu berpotensi tertunda hingga 2027.

Baca juga: Analis perkirakan Apple hadirkan iPad lipat di 2024

Baca juga: Huawei MatePad 11 2023 resmi meluncur di Indonesia

Baca juga: Samsung tengah kembangkan tablet lipat bernama Galaxy Z Tab

Penerjemah: Livia Kristianti
Editor: Natisha Andarningtyas
Copyright © ANTARA 2023