Jakarta (ANTARA) - Pebalap Red Bull Max Verstappen mengaku tidak menyangka bisa merebut posisi pole pada babak kualifikasi Grand Prix Inggris, Sabtu (8/7) waktu setempat.

Dikutip dari laman resmi Formula 1, Minggu, Verstappen mengungkapkan perasaannya terasa campur aduk, mengingat ia meraih posisi terdepan grid selama lima kali berturut-turut di musim ini, sementara rekan satu timnya, Sergio Perez, tersingkir dari babak tersebut.

Pebalap asal Belanda itu berada di depan dua pebalap McLaren Lando Norris dan Oscar Piastri, yang dimana hal itu juga membuatnya terkejut, karena pesaing terberatnya selama sesi latihan bebas (FP) berasal dari tim lain seperti Ferrari, Aston Martin, dan Williams.

"Ini merupakan babak kualifikasi yang cukup gila, cukup intens, juga cukup licin di beberapa tempat. Kami melakukan putaran kami dan kemudian, di Q3, saya cukup terkejut melihat (Norris dan Piastri) di sana, tapi bagus juga untuk McLaren berada di sini. Dari pihak kami, sangat senang, tentu saja, karena meraih pole!" kata Verstappen.

Baca juga: Verstappen start terdepan di Grand Prix Inggris

Soal babak kualifikasi tersebut, ia menyebutkan terdapat beberapa titik yang lembab, sehingga harus diantisipasi pada balapan utama nanti. Namun, ia mengaku tidak khawatir karena ia percaya pada mobil dan timnya.

"Bagi kami, hari ini, ini adalah hari yang menyenangkan, dan saya menantikan balapan mendatang," ujarnya menambahkan.

Di sisi lain, Perez, mengatakan kecewa dengan penampilannya di Sirkuit Silverstone. Jika Verstappen mengamankan posisi terdepan selama lima kali beruntun musim ini, Perez tersingkir dari babak Q1 untuk ketiga kalinya musim ini.

Pebalap Meksiko yang kini 81 poin di belakang Verstappen di klasemen pebalap, mengungkapkan ia melakukan kesalahan yang memaksanya untuk keluar dari babak penting tersebut.

'(Itu adalah) sesi yang tidak baik... Saya tidak bisa memberikan suhu yang cukup pada ban," ungkap Perez.

"Rasanya sangat membuat frustrasi karena kami memiliki penampilan yang bagus (di sesi FP), mobil melaju cepat. Saya pikir dalam kondisi ini adalah di mana saya paling kesulitan dengan mobil, jadi itu sesuatu yang harus kami pahami juga," imbuhnya.

Baca juga: Verstappen kuasai FP1 dan FP2 GP Inggris, Albon tampil konsisten
Baca juga: Perez sebut berada dalam performa terbaik jelang GP Inggris

Pewarta: Arnidhya Nur Zhafira
Editor: Teguh Handoko
Copyright © ANTARA 2023