Jakarta (ANTARA) - Pebalap Red Bull Max Verstappen menguasai dua sesi latihan bebas (free practice/FP) Grand Prix Inggris di Sirkuit Silverstone, Jumat, sementara pebalap Williams, Alexander Albon, tampil konsisten di kedua sesi dengan finis di P3.

Menurut statistik resmi Formula 1, pada sesi FP1, Verstappen menjadi yang terdepan dan mengungguli rekan satu timnya, Sergio Perez, yang terlampau 0,448 detik saja, sedangkan Albon finis tipis 0,001 detik dari Perez.

Sirkuit Silverstone yang diselimuti cahaya matahari nan cerah membuat trek kering ini kontras dengan Sirkuit Red Bull Ring yang menjadi tuan rumah GP Austria, akhir pekan lalu, sehingga menuntut tim dan pebalap untuk beradaptasi kembali dengan cuaca panas.

Baca juga: Verstappen ingin tetap tenang dan fokus hadapi GP Inggris

Sementara penyegaran dari tim Red Bull relatif terbatas akhir pekan ini, dan Ferrari belum melaporkan perubahan apa pun, sejumlah rival – termasuk Mercedes dan Aston Martin – meluncurkan paket yang lebih besar, karena dorongan untuk mengejar gelar juara dunia terus berlanjut. Namun, Fernando Alonso (Aston Martin), Charles Leclerc (Ferrari), dan Lewis Hamilton (Mercedes) hanya mampu menyelesaikan FP1 dengan posisi masing-masing di urutan keempat, kelima, dan ke-12.

Pada sesi FP2, Verstappen kembali menjadi yang tercepat, dengan berada di depan Carlos Sainz (Ferrari) dan Albon yang masing-masing terpaut 0,022 detik dan 0,218 detik dari sang pebalap Belanda.

Berbeda dengan sesi pertama, Perez berada di P4 dengan selisih waktu 0,246 detik. Sementara rekan satu tim Albon, Logan Sargeant bangkit menunjukkan performa yang lebih baik di FP2 dengan finis di posisi kelima dan terlampau 0,688 detik dari Verstappen. Pada sesi sebelumnya, Sargeant hanya mampu finis di posisi ke-17.

Drama juga tak lepas dari sesi latihan kedua, dimana Leclerc mengalami masalah kelistrikan pada mobilnya sehingga terpaksa tak menyelesaikan balapan tersebut.

Sementara itu, GP Inggris masih akan bergulir hingga Minggu (9/7).

Baca juga: Perez sebut berada dalam performa terbaik jelang GP Inggris
Baca juga: Alonso nilai kalender F1 2024 terlalu padat dan intens

Pewarta: Arnidhya Nur Zhafira
Editor: Teguh Handoko
Copyright © ANTARA 2023