Setelah menyelesaikan pembangunan Sirkuit Mandalika, sarana pendukung juga terus dikembangkan.
Praya, Lombok Tengah (ANTARA) - Menteri Badan Usaha Milik Negara (BUMN) Erick Thohir meresmikan tiga proyek pendukung pengembangan pariwisata di Kawasan Ekonomi Khusus (KEK) Mandalika, Kecamatan Pujut, Kabupaten Lombok Tengah, Nusa Tenggara Barat (NTB).

"Hari ini kita mengecek dan melihat langsung pembangunan berkelanjutan di Mandalika yang telah dikerjakan," kata Erick Thohir saat mengunjungi lokasi Kuta Lane, di Praya, Minggu.

Proyek pembangunan di KEK Mandalika yang diresmikan itu, yakni Hotel Pullman, Masjid Al-Hakim Kuta, dan Kuta Line yang merupakan akses menuju kawasan Pantai Mandalika dari area parkir atau Bazar Mandalika.

"Setelah menyelesaikan pembangunan Sirkuit Mandalika, sarana pendukung juga terus dikembangkan," kata Erick pula.

Ia mengatakan, pada prinsipnya tidak boleh merasa puas diri, karena masih banyak pembangunan yang harus diselesaikan untuk mendukung destinasi wisata di KEK Mandalika.

Pembangunan di Mandalika ini diawali oleh Presiden Soeharto dan dilanjutkan oleh Presiden Susilo Bambang Yudhoyono (SBY), kemudian dimaksimalkan Presiden Joko Widodo (Jokowi).

"Mengembangkan kawasan pariwisata itu butuh proses dan waktu," katanya lagi.

KEK Mandalika ini telah difokuskan untuk pengembangan pariwisata sport yang menjadi ciri khas, sehingga ke depan direncanakan pembangunan sirkuit pacuan kuda dan lapangan golf.

"Rencana ada restoran dan hotel juga terus dibangun di KEK Mandalika," katanya pula.

Erick mengatakan, pembangunan itu harus berkesinambungan, sehingga bisa saling mendukung ekosistem satu dengan yang lainnya.

"Pengembangan KEK Mandalika ini harus bermanfaat bagi UMKM, sehingga bisa meningkatkan pertumbuhan ekonomi," kata Erick lagi.
Baca juga: Pemkab Lombok Tengah gandeng Undip Semarang susun rencana tata ruang
Baca juga: Pos pemadam dibentuk di KEK Mandalika-NTB antisipasi kebakaran

Pewarta: Akhyar Rosidi
Editor: Budisantoso Budiman
Copyright © ANTARA 2023