Kegiatan MICE disebutnya menjadi potensi besar bagi Bekasi sebagai wilayah penyangga...
Jakarta (ANTARA) - Menteri Pariwisata dan Ekonomi Kreatif (Menparekraf) Sandiaga Salahuddin Uno mengajak pelaku UMKM dan ekonomi kreatif memanfaatkan potensi wisata meeting, incentive, conference, and exhibition (MICE) yang ada di Kota Bekasi, Jawa Barat.

Kegiatan MICE disebutnya menjadi potensi besar bagi Bekasi sebagai wilayah penyangga yang jaraknya berdekatan dengan Ibu kota Jakarta.

“Bisa pertemuan, kegiatan perusahaan, kegiatan pameran. Ini cocok di Bekasi, karena Bekasi destinasi yang dekat dengan Jakarta, apalagi di Jakarta sekarang sudah serba penuh dan mahal, maka Bekasi bisa mengambil peluang ini, dengan target pengembang pariwisata dan ekonomi kreatif juga produk-produk UMKM yang kita dorong, untuk menciptakan 4,4 juta lapangan kerja pada tahun 2024,” ujar Sandiaga dalam keterangan tertulis yang diterima di Jakarta, Minggu.

Untuk produk-produk unggulan yang bisa berkolaborasi saat kegiatan MICE berlangsung di Bekasi, Menparekraf menilai ada beberapa produk yang juga bisa dijadikan oleh-oleh untuk wisatawan, mulai dari dodol, seni pertunjukan, batik hingga bir pletok.

Dengan peluang yang ada, Sandiaga akan melakukan pelatihan pendampingan bagi pelaku ekonomi kreatif, sehingga memiliki nilai tambah.

Dalam dialog bertajuk “Interaktif Desa Kreatif” yang diselenggarakan Asosiasi Desa Kreatif Indonesia (ADKI), Sandiaga turut mengapresiasi kolaborasi Pemerintah Kota Bekasi dengan pengurus ADKI untuk memberikan pelatihan bagi pelaku UMKM setempat.

“Saya ingin mengapresiasi ADKI yang berkolaborasi dengan Pemkot Bekasi untuk memberikan pelatihan kepada para pelaku ekonomi kreatif dan UMKM, sebagai upaya mempersiapkan Bekasi sebagai wisata bisnis,” katanya pula.
Baca juga: Pemkab Bekasi minta Aeon Mal jadi etalase UMKM
Baca juga: Pemkab Bekasi gelar pelatihan pelaku UMKM


Pewarta: Sinta Ambarwati
Editor: Budisantoso Budiman
Copyright © ANTARA 2023