Diharapkan juga mampu menjadi daya tarik bagi para investor....
Manado (ANTARA) - Pemerintah Provinsi Sulawesi Utara (Pemprov Sulut) bersinergi dengan para pemangku kepentingan terkait untuk mengoptimalkan Kawasan Ekonomi Khusus (KEK) Bitung dan Likupang dan prasarana pendukung lainnya.

"Hal ini dalam rangka mengembangkan prospek sumber daya untuk meningkatkan perekonomian dan kesejahteraan masyarakat," kata Sekretaris Daerah Provinsi Sulut Steve Kepel, di Manado, Minggu.

Sekdaprov Sulut mengatakan, terkait pengoperasian KEK Bitung, hingga saat ini terus didukung dengan mobilitas di Pelabuhan Hub Internasional Bitung dan akses Jalan Tol Manado-Bitung.

Harapannya, sarana penunjang ini mampu mendorong dan meningkatkan kegiatan pertumbuhan dan distribusi barang (kegiatan ekspor dan impor), termasuk ekspor pengelolaan hasil perikanan dan perkebunan untuk menghasilkan komoditas berkualitas internasional.

KEK Likupang di Kabupaten Minahasa Utara termasuk salah satu Destinasi Pariwisata Super Prioritas (DPSP) di Indonesia.

"Pemerintah daerah bersama pemerintah pusat serta pengelola/investor hingga saat ini terus berupaya untuk mempercepat dan mengembangkan kawasan ini agar bisa dioptimalkan," ujarnya.

Mengingat KEK Likupang sebagai destinasi super prioritas ini, Steve berharap mampu menggelorakan sektor pariwisata daerah.

"Diharapkan juga mampu menjadi daya tarik bagi para investor dan secara tidak langsung akan berdampak pada pemberdayaan masyarakat melalui usaha mikro kecil dan menengah serta peningkatan kesejahteraan," ujarnya lagi.

Sekdaprov juga berharap, kunjungan Dewan Ketahanan Nasional baru-baru ini dapat membantu menyampaikan kepada kementerian terkait pembangunan infrastruktur jalan, air bersih, telekomunikasi ataupun lahan di kedua KEK tersebut.
Baca juga: Gubernur Sulut: KEK Likupang destinasi super prioritas untungkan warga
Baca juga: Wamendag dukung prioritaskan kawasan wisata Likupang Sulut

Pewarta: Karel Alexander Polakitan
Editor: Budisantoso Budiman
Copyright © ANTARA 2023