Jakarta (ANTARA) - Pebalap Red Bull Max Verstappen berhasil memenangkan gelar juara pada Grand Prix Inggris seusai menaklukkan perlawanan ketat Lando Norris (McLaren) yang finis di P2 dengan selisih waktu 3,798 detik.

“Dia (Norris) melakukan balapan dengan sangat baik hari ini,” kata Verstappen, dalam wawancara singkat usai balapan, dikutip dari siaran langsung, Minggu.

Adapun kemenangan yang diraih Verstappen tersebut, menjadikannya sebagai kemenangan keduanya di Sirkuit Silverstone, sekaligus kemenangan keenamnya secara berturut-turut pada Formula 1 musim ini.

Pebalap Belanda itu memulai GP Inggris sebagai yang terdepan, sebelum akhirnya Norris sempat merebut posisi tersebut tak lama setelahnya. Bersama dengan rekan satu timnya, Oscar Piastri, dua pebalap McLaren yang melaju dengan livery spesial dan pembaruan teknis ini pun berusaha memberikan tekanan kepada sang juara bertahan.

Baca juga: Verstappen kuasai FP1 dan FP2 GP Inggris, Albon tampil konsisten

Norris mempertahankan posisinya sebagai runner-up hingga bendera kotak-kotak dikibarkan. “Ini adalah balapan yang gila. Saya bertarung ketat juga dengan Lewis (Hamilton), dan saya memberikan perlawanan sekuat tenaga saya kepada Max (Verstappen),” kata pebalap muda tersebut.

Namun, posisi ketiga yang sebelumnya dengan nyaman diamankan Piastri hingga setidaknya pertengahan balapan itu beralih kepada pebalap Inggris lainnya, Lewis Hamilton (Mercedes), yang juga berusaha mempertahankan gelarnya sebagai “Raja Silverstone” di musim kali ini.

Baca juga: Hamilton peringatkan Mercedes tak lengah dengan persaingan GP Inggris

Namun, upaya itu masih belum cukup untuk menyalip Verstappen dan Norris, hingga akhirnya Hamilton menyelesaikan balapan di posisi tiga dengan selisih waktu 6,783 detik dari sang pemimpin balapan.

“Pencapaian (podium) ini bukan hanya karena saya (membalap), tapi karena penonton di Silverstone yang memberikan banyak sekali dukungan. Saya merasakan energi dan dukungan itu,” kata Hamilton.

Baca juga: Verstappen ingin tetap tenang dan fokus hadapi GP Inggris

“Saya juga ingin mengucapkan selamat kepada Lando (Norris) dan McLaren — mereka adalah keluarga saya, tempat dimana saya memulai semuanya (karier F1),” ujarnya menambahkan.

Pencapaian ini pun menyempurnakan rentetan prestasinya, dimana ini merupakan podium ke-14 Hamilton di sirkuit legendaris Inggris tersebut.

Di sisi lain, daftar sepuluh besar GP Inggris musim ini dilengkapi oleh Piastri, George Russell (Mercedes), Sergio Perez (Red Bull), Fernando Alonso (Aston Martin), Alexander Albon (Williams), Charles Leclerc (Ferrari), dan Carlos Sainz (Ferrari).

Sementara itu, putaran ke-12 Formula 1 akan bergulir di Hungaria pada 21-23 Juli.
 

Pewarta: Arnidhya Nur Zhafira
Editor: Junaydi Suswanto
Copyright © ANTARA 2023