Selaku tenaga pengajar dan pendidik, dosen memilki peran dan tanggung jawab dalam mempersiapkan mahasiswanya agar memiliki kompetensi keilmuan dan memahami nilai-nilai yang terkandung dalam "nation and character building"
Jambi (ANTARA) - Wakil Gubernur (Wagub) Jambi H Abdullah Sani, M.P.di mengharapkan Asosiasi Dosen Indonesia (ADI) dan segenap pengurusnya untuk selalu solid dan mampu menjadi barisan terdepan dalam mencerdaskan kehidupan bangsa dan masyarakat, khususnya di Provinsi Jambi dan bangsa Indonesia umumnya.

"ADI yang merupakan salah satu wadah berkumpulnya para profesi dosen di Indonesia memiliki peran penting dan strategis serta tanggung jawab sosial terhadap bangsa terutama dalam pendidikan formal, yang dalam hal ini pendidikan tinggi," katanya di Jambi, Senin, pada Musyawarah Wilayah Asosiasi Dosen Indonesia (Muswil ADI) pertama tingkat Provinsi Jambi  dengan Tema "Profesionalitas Akademisi Dalam Mengungguli Kompetisi Global".

Wagub menambahkan selaku tenaga pengajar dan pendidik, dosen memilki peran dan tanggung jawab dalam mempersiapkan mahasiswanya agar memiliki kompetensi keilmuan dan memahami nilai-nilai yang terkandung dalam "nation and character building".

Ia mengatakan Pemerintah Provinsi Jambi juga berkomitmen dalam pengembangan sumber daya manusia sebagaimana termuat dalam Visi Jambi Mantap yang salah satu misinya adalah Memantapkan Kualitas Sumber Daya Manusia, melalui beberapa program unggulan dalam upaya peningkatan pendidikan.

Baca juga: Asosiasi Dosen Indonesia siap membumikan karya-karya akademik

Baca juga: ADI : Perekrutan rektor asing bukan solusi

Salah satunya, kata dia, adalah pemberian beasiswa bagi mahasiswa Program S1 dan Program S3 yang diperuntukkan bagi para dosen pada perguruan tinggi negeri dan swasta untuk studi di dalam/luar negeri.

Pemerintah Provinsi Jambi mengharapkan melalui Muswil ini ada konsolidasi organisasi, dan segenap pengurus ADI untuk selalu solid dan mampu menjadi barisan terdepan dalam mencerdaskan kehidupan bangsa dan masyarakat khususnya di Provinsi Jambi dan bangsa Indonesia umumnya.

"Besar harapan saya agar Musyawarah Wilayah Asosiasi Dosen Indonesia Provinsi Jambi, asosiasi para cendekiawan ini turut menginventarisasi berbagai permasalahan dan kendala yang dihadapi Provinsi Jambi," katanya.

Selain itu, juga memprediksi berbagai tantangan pada masa yang akan datang, serta memberikan gagasan yang berisi solusi terhadap permasalahan-permasalahan tersebut, agar Provinsi Jambi bisa mencapai kemajuan yang berkesinambungan dan memiliki daya saing yang baik, yang bermuara pada peningkatan kesejahteraan masyarakat, demikian Abdullah Sani.

Baca juga: Dosen-mahasiswa Unja edukasi kesehatan pada siswi ponpes

Baca juga: Dosen Unja olah buah pedada jadi peningkat sistem imun tubuh

Baca juga: Dosen FKIK Unja temukan inovasi pelembab bibir dari getah buah jernang

Baca juga: Dosen Unja ciptakan silica gel untuk penambangan emas tradisional

 

Pewarta: Nanang Mairiadi
Editor: Andi Jauhary
Copyright © ANTARA 2023