Jakarta (ANTARA) - PT VKTR Teknologi Mobilitas Tbk (VKTR atau Vektor), anak usaha PT Bakrie & Brothers Tbk (BNBR), melanjutkan ekspansi bisnis dengan pengembangan fasilitas pabrik perakitan unit bus dan truk listrik di Magelang, Jawa Tengah.

“Ekspansi dan pengembangan fasilitas produksi ini adalah bukti kesungguhan kami dalam mendukung program pemerintah untuk mencapai Net Zero Emission 2060," kata Direktur Utama VKTR, Gilarsi W. Setijono dalam keterangan di Jakarta, Senin.

Langkah penting ini ditandai dengan telah dimulainya ekspansi fasilitas produksi di Magelang yang merupakan kerja sama antara VKTR bersama PT Tri Sakti, melalui perusahaan patungan PT VKTR Sakti Industries. Pada tahap pengembangan ini PT VKTR Sakti Industries juga berkolaborasi dengan perusahaan konstruksi ternama dari China, Automotive Engineering Corporation (AE Corp).

Pabrik ini memiliki luas bangunan sebesar 1,8 hektar dan menempati lahan seluas 4,05 hektar, dengan kapasitas produksi mencapai 1.500 unit per tahun atau sebanyak 6 unit per hari di tahap awal. Fasilitas ini akan memiliki kapabilitas untuk perakitan chasis (CKD), perakitan kabin, pengelasan, pengecatan, general assembly, trimming, debugging, retrifikasi untuk body & function test, rear truck body, final audit, serta testing.

"Kami berkomitmen untuk secara bertahap meningkatkan tingkat kandungan dalam negeri (TKDN) hingga 80 persen," katanya

Gilarsi menambahkan, fasilitas eksisting yang ada saat ini sudah siap berproduksi dan bahkan tengah dalam proses menyelesaikan batch pertama bus listrik BYD dengan karoseri lokal. Adapun ekspansi yang dilakukan bertujuan untuk meningkatkan kemampuan kapasitas.

"Kami juga membuka kemungkinan untuk terus menambah kapasitas serta memperluas skala dan fasilitas, seiring dengan peningkatan volume produksi," katanya.

Pendiri Tri Sakti, Widodo, mengatakan kerja sama ini menjadi lompatan besar bagi perusahaan sekaligus menjadi sumbangsih kami bagi Indonesia.

"Sebagai pabrik kendaraan listrik pertama di bidang heavy mobility dan kendaraan niaga dalam negeri, kami berkomitmen untuk memproduksi kendaraan yang ramah lingkungan dan mendukung upaya pemerintah dalam mencapai target peningkatan penggunaan kendaraan listrik di Indonesia," katanya.

PT VKTR Teknologi Mobilitas Tbk. adalah perusahaan yang fokus dalam pengembangan ekosistem kendaraan listrik segmen heavy mobility di Indonesia.

Bekerjasama dengan perusahaan kendaraan listrik terbesar di dunia BYD Auto asal China, saat ini VKTR tengah memulai ekspansi pengembangan pabrik melalui kemitraan dengan Tri Sakti untuk memproduksi bus listrik dan truk listrik di Tanah Air.

Baca juga: Resmi IPO, VKTR jadi perusahaan EV Heavy Mobility publik pertama
Baca juga: UI tawarkan bus listrik sebagai kendaraan ramah lingkungan
Baca juga: Ini tantangan mengadopsi transportasi publik berbasis listrik

 

Pewarta: Ahmad Wijaya
Editor: Biqwanto Situmorang
Copyright © ANTARA 2023