Jakarta (ANTARA) - PT VKTR Teknologi Mobilitas Tbk (VKTR) mengumumkan serah terima hak paten dan inovasi dengan institusi pendidikan Politeknik Elektronika Negeri Surabaya (PENS) untuk menunjukkan dedikasinya dalam mendorong inovasi di bidang kendaraan listrik.

PENS melakukan serah terima hak kepemilikan dari 14 hak paten bersama mencakup berbagai aspek mobilitas listrik, mulai dari solusi retrofit untuk sepeda motor hingga sistem manajemen armada cerdas terkini kepada VKTR.

Selain itu, penyerahan tersebut mencakup dua hak paten penuh terkait dengan solusi retrofit untuk sepeda motor in-wheel drive, satu hak paten penuh yang terkait dengan motor fluks aksial, tiga hak paten penuh yang terkait dengan sistem bus appron listrik, dan delapan hak paten penuh yang menyoroti kemajuan dalam sistem manajemen armada cerdas untuk transportasi elektrik.

“Hasil riset dan pengembangan yang menjadi hak paten ini merupakan komitmen kami sebagai perusahaan dalam mengakselerasi mobilitas keberlanjutan di Indonesia," kata CEO VKTR Gilarsi W. Setijono dalam keterangan di Jakarta, Kamis.

Dalam upaya mendukung pertumbuhan dan adopsi mobilitas listrik di berbagai segmen masyarakat, VKTR juga akan mentransfer rincian desain teknik untuk bus appron listrik, serta desain retrofit dan desain sepeda motor listrik. Hal ini menunjukkan komitmen VKTR dalam mendorong kolaborasi pengetahuan dan teknologi terkini pada sektor industri dan institusi pendidikan

Dalam deretan hak paten yang berhasil dicapai, VKTR dan PENS telah menghasilkan inovasi canggih yang akan membawa dampak besar dalam dunia transportasi.

Beberapa inovasi yang telah dihasilkan antara lain seperti Swing Arm dan Komponen Pendukung dengan Kompatibilitas Tinggi pada Konversi Kendaraan Bermotor Roda Dua In-Wheel Drive, Motor Fluks Aksial Tiga Fase dengan Satu Rotor dan Dua Stator, serta Sistem Manajemen Armada Bus Cerdas.

Sejumlah inovasi ini tidak hanya meningkatkan efisiensi dan performa kendaraan listrik tetapi juga kontribusi dalam menjaga keberlanjutan lingkungan

Direktur PENS Aliridho Barakbah mengatakan pihaknya menghargai dukungan PT. VKTR terhadap institusi PENS karena melalui pengetahuan yang didukung penuh oleh perusahaan, isntitusinya dapat membantu menyelesaikan masalah-masalah yang kompleks dan mendesak pada industri elektrifikasi.

"Selain itu, kolaborasi seperti ini sangat penting dalam menciptakan lingkungan yang kondusif dalam memadukan pengetahuan dari bidang akademis dan kebutuhan praktisi industri”, ucap Aliridho.

Baca juga: Pertamina NRE dan VKTR bermitra kembangkan transportasi umum listrik
Baca juga: VKTR catat kenaikan penjualan bersih 7 persen di triwulan III 2023
Baca juga: VKTR dapat fasilitas kredit Rp250 miliar dari BCA

 

Pewarta: Ahmad Wijaya
Editor: Biqwanto Situmorang
Copyright © ANTARA 2023