Tidak hanya itu, sekaligus meningkatkan ketaatan wartawan pada citra, kredibilitas dan kode etik jurnalistik
Jayapura (ANTARA) -
Pelaksana Harian (Plh) Gubernur Provinsi Papua Muhammad Ridwan Rumasukun berharap pengurus Persatuan Wartawan Indonesia (PWI) setempat tetap terus konsisten menjadi bagian pilar demokrasi serta bersama memerangi berita bohong atau hoax di "Bumi Cenderawasih" itu.
 
"Peran media sangat berpengaruh besar terhadap perkembangan pemberitaan pembangunan yang bersinergi dengan pemerintah," katanya disela-sela pelantikan pengurus PWI 2022-2027 di Kota Jayapura, Papua, Senin (10/7).
 
Untuk itu pihaknya mengajak PWI bersama seluruh insan pers agar terus senantiasa memupuk kesadaran dan komitmen serta berperan dalam pembangunan bangsa dan negara.
 
"Tidak hanya itu, sekaligus meningkatkan ketaatan wartawan pada citra, kredibilitas dan kode etik jurnalistik," kata Muhammad Ridwan Rumasukun.
 
Sementara itu Ketua PWI Pusat Atal Depari mengatakan kepada seluruh pengurus PWI, baik di Papua maupun tiga daerah otonomi baru (DOB) untuk terus mengawal proses pembangunan di daerah setempat.
 
" PWI di Provinsi Papua sudah tepat karena cepat mengambil langkah dalam pembentukan PWI, khususnya DOB. Ini berarti PWI akan ikut terlibat membangun di daerah tersebut beserta instrumen pemerintah sehingga bisa lebih transparan," katanya.

Ia berharap, kepengurusan definitif PWI di tiga DOB itu dapat terbentuk dalam tiga bulan ini sehingga pers bisa publikasikan secara optimal informasi semua proses pembangunan yang berjalan.
 
Pelantikan pengurus Papua masa bakti 2022-2027 dilakukan Ketua PWI Pusat Atal S Depari disaksikan oleh Plh Gubernur Papua Muhammad Ridwan Rumasukun, Plh Sekda Papua Derek Hegemur dan instansi terkait lainnya di Kota Jayapura, Papua, Senin (10/7) 2023.

Baca juga: Sekretaris PWI Papua Barat dikeroyok saat meliput kebakaran

Baca juga: AJI kecam pengeroyokan jurnalis saat meliput kebakaran di Manokwari

Baca juga: Hambat kebebasan pers, jurnalis Papua tolak RKUHP disahkan

Baca juga: PWI Pusat prihatin perusakan kantor ANTARA Biro Papua

Pewarta: Qadri Pratiwi
Editor: Andi Jauhary
Copyright © ANTARA 2023